• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Hindari Calo, BPJS Ketenagakerjaan Karawang Ajak Peserta Gunakan Situs Resmi

    Jumat, 26 April 2024


    KarawangNews.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Karawang menghimbau kepada peserta agar mewaspadai calo atau jasa pencairan dalam pengajuan klaim saldo Jaminan Hari Tua (JHT) terkhususnya di wilayah Kabupaten Karawang.


    Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang, Imam Santoso menghimbau kepada seluruh peserta dalam hal pengajuan klaim agar dilakukan melalui kanal atau jalur resmi.


    ”Kami menghimbau kepada para peserta agar menghindari calo, khususnya bagi peserta yang melakukan pengajuan klaim JHT, jadi dapat langsung melalui kanal resmi dari BPJS Ketenagakerjaan,” kata Imam.


    Dijelaskan Imam, pihaknya telah menfasilitasi peserta dalam melakukan pengajuan klaim secara online melalui kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) yang dapat diakses melalui lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id dan langsung diproses setelah dilakukan wawancara atau video call oleh petugas dari BPJS Ketenagakerjaan.


    Dan juga kanal pelayanan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang bisa diunduh di smartphone masing-masing peserta. 


    Aplikasi JMO menyediakan fitur layanan digital di antaranya pengkinian atau memperbarui data peserta, pengajuan dan tracking klaim JHT, simulasi saldo JHT dan saldo JP, mengecek saldo termasuk kartu digital.


    Juga, informasi tentang lokasi kanal pelayanan, promo, berita terkait dengan jaminan sosial tenaga kerja, pengaduan, laporan terkait layanan yang diberikan dan informasi manfaat.


    ”Inovasi layanan dari BPJS Ketenagakerjaan, Lapak Asik dan aplikasi JMO bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi peserta, sehingga mencegah peserta menggunakan jasa calo yang bahkan meminta imbalan,” ungkapnya.


    Kata Imam, dalam proses pengajuan klaim, sama sekali tidak ada pungutan biaya. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat pekerja agar dapat dengan bijak untuk tidak menggunakan jasa calo ini.


    Begitupun halnya jika ditemukan upaya permintaan data oleh oknum yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta, untuk berhati-hati dan tidak menanggapi hal tersebut.


    Komunikasi resmi kepada peserta selalu menggunakan media resmi/official yaitu domain www.bpjsketenagakerjaan.go.id serta blasting email kepada peserta secara official oleh BPJS Ketenagakerjaan menggunakan noreply@bpjsketenagakerjaan.go.id sehingga peserta tidak dapat membalas email tersebut.


    Dia menyebutkan, untuk mendapatkan informasi resmi manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan, dapat mengakses website www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau dapat menghubungi call center 175, serta dapat datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru