• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kawal Sampai Beres Pemilu Luber Jurdil Diinisiasi Mahasiswa Jabar

    Kamis, 08 Februari 2024
    Kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Deklarasi Pemilu Damai 2024.

    Bandung, KarawangNews.com, - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Jabar menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024.


    Deklarasi yang berlangsung di Taman Musik, Jalan Bali Bandung, Kamis (8/2/2024) dihadiri puluhan perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Nusantara Jabar.


    Deklarasi tersebut bertujuan untuk mewujudkan situasi kondusif dan damai tanpa hoaks dalam Pemilu. BEM juga menolak politik uang, isu SARA, provokasi, politik identitas dan kampanye hitam jelang hari pemungutan suara termasuk menolak politisasi di wilayah kampus.


    Perwakilan BEM NUS Jabar sebagai Menlu di organisasi Amar Lazuardi mengajak semua mahasiswa agar bersama-sama menolak penggunaan kampus untuk kepentingan politik.


    “Upaya itu dilakukan agar penyelenggaraan Pemilu 2024 khususnya di Provinsi Jawa Barat bisa berjalan dengan lancar dan damai,” ucap Lazuardi.


    Perwakilan BEM NUS  dalam kesempatan tersebut secara tegas menyatakan, menolak kampus digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis oleh siapapun.


    “Segenap anak bangsa, khusus masyarakat Jawa Barat untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai,” katanya.


    Berikut isi Deklarasi Mahasiswa Wujudkan Pemilu Damai


    Kami, mahasiswa dari berbagai lapisan masyarakat yang berkomitmen pada nilai-nilai demokrasi, perdamaian, dan partisipasi aktif dalam proses politik, dengan ini menyatakan deklarasi kami untuk mewujudkan pemilu yang damai dan bermartabat.


    Komitmen pada Demokrasi:

    Kami menyadari bahwa pemilu adalah fondasi demokrasi. Kami berkomitmen untuk mendukung dan memperkuat prinsip-prinsip demokrasi dalam setiap tahapan pemilu.


    Pendidikan Pemilih:

    Kami akan aktif mengedukasi sesama mahasiswa tentang hak-hak pemilih, proses pemilihan, dan pentingnya partisipasi dalam pemilu sebagai warga negara yang bertanggung jawab.


    Dialog Terbuka dan Toleransi:

    Kami mempromosikan budaya dialog terbuka, saling mendengarkan, dan menghargai perbedaan pendapat. Kami tidak akan membiarkan perbedaan politik menghancurkan kebersamaan kita.


    Tindakan Damai:

    Kami bersumpah untuk tidak terlibat dalam tindakan kekerasan fisik atau verbal di semua tahapan demokrasi pada pemilu 2024. Kami memilih jalur damai untuk menyuarakan aspirasi dan ide-ide kami.


    Partisipasi Aktif:

    Kami akan berperan aktif dalam proses pemilihan, dari mendaftar sebagai pemilih hingga memberikan suara dengan penuh tanggung jawab. Partisipasi kami adalah cermin dari komitmen kami pada demokrasi.


    Penyebaran Informasi Akurat:

    Kami akan menyebarkan informasi yang akurat, faktual, dan objektif melalui berbagai saluran komunikasi, serta berkomitmen untuk menentang penyebaran berita palsu.


    Solidaritas Mahasiswa:

    Kami bersatu sebagai mahasiswa tanpa memandang perbedaan. Solidaritas ini akan menjadi kekuatan kita dalam memastikan pemilu berjalan dengan adil dan damai.


    Kampus Sebagai Lembaga Akademis:

    Kami mengecam serta menolak Kampus yang seharusnya menjadi lembaga yang akademis serta objektif tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik praktis.


    Dengan deklarasi ini, kami mengajak semua mahasiswa untuk bergabung dalam mewujudkan.


    Pemilu yang bersih adil dan damai.

    Mari kita bersama-sama menjadi agen perubahan positif dalam membangun masa depan demokratis yang lebih baik.

    Semoga deklarasi ini dapat menjadi landasan untuk aksi bersama dalam mewujudkan pemilu yang damai dan bermartabat. (*)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +