• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    SMSI Kabupaten Karawang Periode 2023 - 2026 Telah Resmi Dilantik

    Kamis, 08 Februari 2024
    Prosesi pelantikan ketua dan pengurus SMSI Kabupaten Karawang.


    KarawangNews.com, - Guna konsolidasi dan penataan manajemen organisasi Ketua dan pengurus 

    Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Karawang periode 2023 - 2026 telah resmi dilantik oleh pengurus SMSI Provinsi Jawa Barat.


    Puluhan peserta undangan turut  menyaksikan seremonial pelantikan yang berlangsung sukses dan lancar. Dengan mengangkat tema dalam acara pelantikan 'Media sebagai benteng demokrasi.'


    Hadir dalam pelantikan tersebut Forkopimda Kabupaten Karawang, ketua dan pengurus organisasi media se-Karawang serta yang mewakili mitra strategis dari berbagai pihak yang mendukung terselenggaranya acara yang digelar di Hotel Mercure Jalan Galuh Mas Raya, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat, Rabu siang ( 7/2/2024).


    Ketua SMSI Kabupaten Karawang, Suhlan Pribadi dalam sambutannya mengatakan, SMSI akan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendorong program pembangunan agar dapat terealisasi.



    "SMSI mendukung penuh program pembangunan pemerintah daerah, maka SMSI harus bersinergi dengan instansi Pemda, terutama menyangkut isu-isu pembangunan. Agar Kabupaten Karawang menjadi lebih maju dan baik lagi kedepannya," jelas Suhlan.


    Ia mengungkapkan, SMSI adalah organisasi para pengelola media siber bukan organisasi profesi, sehingga SMSI memiliki tantangan yang berbeda, yaitu lebih bersifat menajerial.


    "Jadi, bagaimana sebuah perusahaan media siber bisa tetap eksis, sehat secara keuangan, dan juga tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dari Dewan Pers. Seperti yang sudah diwajibkan. Tentunya, media yang bertanggung jawab, yang mengikuti perkembangan zaman, tetapi tetap beretika," ujar Suhlan.


    Dengan demikian, kata dia, SMSI akan memberikan pembinaan kepada para anggota, yaitu para pemilik media siber agar dapat menjadikan perusahaannya sehat dan bertanggung jawab secara etik serta tidak memberikan informasi yang bersifat hoax.


    Ditegaskannya, SMSI mempunyai tugas penting lainnya dalam hal melakukan pembinaan terkait regulasi perusahaan media siber dan meningkatkan kompetensi pers.


    "Kami mengarahkan agar para pemilik media siber untuk melakukan verifikasi media oleh Dewan Pers, dengan syarat dan ketentuan tertentu. Seperti harus berbadan hukum, memberikan jaminan kesejahteraan pada para wartawan, dan lainnya. Yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kompetensi pers," tandas Suhlan. 


    Selain itu, menurutnya, SMSI mendukung aktif jurnalisme multitasking. Sebab, saat ini para pengelola media siber dituntut untuk mengikuti perubahan teknologi yang semakin cepat.


    "Dengan teknologi yang semakin canggih ini, dan adanya teknologi AI, apakah media bisa memanfaatkannya dengan baik, atau justru sebaliknya, digerus oleh teknologi. Maka, kami sangat mendukung aktif, jurnalisme multitasking ini," tegas Suhlan. 


    Sementara, di tempat yang sama ketua panitia pelaksana acara pelantikan, Sekertaris SMSI Kabupaten Karawang, Iwan Sugriwa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi terselenggaranya acara pelantikan tersebut.


    "Kepada rekan panitia semuanya juga mitra yang telah membantu terselenggaranya ini, saya ucapkan terimakasih," ungkapnya.


    Ia berharap SMSI Kabupaten Karawang lebih solid  dapat bersinergis dengan semua pihak termasuk pemerintah daerah.


    "SMSI sebagai organisasi wadah dari pemilik media, terus jaga soliditas diharapkan dapat memberikan warna dalam khasanah perjurnalistikan di Kabupaten Karawang serta dapat bermitra dengan semua pihak," ujarnya. [Sukarya]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +