• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    4 Desa di Kecamatan Kota Baru, Menolak Perluasan Area TPA Jalupang

    Jumat, 11 Agustus 2023

     

    Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Jalupang, Desa Wancimekar, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.


    KarawangNews.com - Ditolak warga dan 4 kepala desa sosialisasi perluasan area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Jalupang Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023).


    Hal tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Kecamatan Kota Baru, Kepala Desa Pangulah Baru, Karnalim, terkait rencana sosialisasi perluasan TPA Jalupang yang direncanakan pemerintah daerah melalui DLHK Karawang, ketika dikonfirmasi lewat jejaring pesan singkat WhatsApp oleh awak media KarawangNews.com, menyampaikan,


    " Sementara ini masih tahap sosialisasi dan kami-pun lagi mempelajari terkait dampaknya apabila terjadi perluasan," tulis dalam pesan singkatnya.


    Sementara itu Kepala Desa Wancimekar, Dimyat Sudrajat menerangkan Tempat Pembuangan Akhir Jalupang sangat berdampak buruk terhadap lingkungan, kerugian masyarakat terhadap kesehatan, tidak berbanding lurus dengan manfaat yang dirasakan masyarakat di Kecamatan Kota Baru khususnya Desa Wancimekar.


    "Kalo dampak mah sudah menjadi khalayak umum untuk langkah sementara kita bersurat dulu," ujarnya.


    Ditimpali Kepala Desa Pucung, H.Rahmat menuturkan, TPA Jalupang dampak lingkungannya sangat besar dari pencemaran udara yang bau menyengat, resapan air dari proses pembusukan sampah, kualitas air yang tercemar jelas ini sangat merugikan warga kami.


    " Pengelola TPA Jalupang harus di modernisasi, kita harus memikirkan langkah ke depan untuk pengolahan sampah di tempat pembuangan akhir ini, tidak asal buang ditampung dan menggunung tapi ada cara yang lebih baik untuk pengelolaan sampah," ucapnya.


    H.Rahmat menuturkan, menampung aspirasi keluhan warga yang diterima oleh 4 kepala desa, di Kecamatan Kota Baru, termasuk Kepala Desa Pangulah Utara,Ade Trisna Sutrisna, di dalam pernyataan yang kami buat, turut menolak sosialisasi perluasan tersebut, merupakan kepedulian kami terhadap masyarakat, turut prihatin akan dampak lingkungan yang dirasakan selama ini.


    " Empat kepala desa, di Kecamatan Kota Baru, sepakat menolak berdasarkan aspirasi keluhan warga, atas rencana perluasan TPA Jalupang, ini perlu kajian dan pertimbangan rencana kedepan, tata kelola yang benar pengelolaan sampah, bukan asal perluasan saja," tutupnya. (sky)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru