• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Karma Butuh Bantuan Kaki Palsu

    Rabu, 29 Juli 2009

    CILEBAR, RAKA - Karma Bin Sido (24) warga Dusun Mekarjati, RT 03/06, Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar berharap ada yang memberinya kaki palsu, mengingat kaki kananya buntung akibat kecelakaan dua tahun lalu. Sosok tumpuan bagi keluarganya ini kini tak bisa berbuat banyak, selain bekerja seadanya.


    Dia diketahui sebagai seorang nelayan yang ulet dan tekun, tujuannya bekerja adalah untuk menafkahi orang tua dan saudaranya. Kakinya buntung berawal sejak dia terjatuh ketika membawa ikan dari perahu yang akan dilelang di TPI (Tempat Pelalangan Ikan) Fajar Samudra Kecamatan Cilebar. Tak lama kemudian, kakinya bengkak dan ia berupaya berobat ke dukun urut, tetapi hasilnya sia-sia.


    Atas saran Kades Pusakajaya Utara, Warman Abdurachman yang saat itu belum menjabat sebagai kades, Karma dibawa ke RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kabupaten Karawang, karena kondisi kakinya tidak bisa disembuhkan oleh tim medis, maka kakinya itu diamputasi, khawatir penyakitnya menjalar ke sekujur tubuh lainnya. Sebagai anak paling tua dari lima bersaudara, kini Karma harus bekerja keras untuk membantu orangtuanya, karena usai diamputasi, setahun kemudian bapaknya meninggal dunia.


    Dijelaskan pamannya Karma, Neman Soemantri (40), pekerjaan yang kini dilakukan Karma ini untuk membantu meringankan keluarga, meski kakinya buntung, Neman mempekerjakan Karma sebagai nelayan di perahunya pada posisi sebagai penebar jaring udang saat melaut. "Hanya itu yang bisa saya bantu untuk menghidupkan keluarganya dan perlakuannya tidak saya bedakan dengan nelayan lain, pembagian hasil pendapatannya pun di bagi rata," tuturnya.


    Memang yang dialami Karma membuat Warman Abdurachman iba, penderitaan beberapa warganya yang tidak mampu seperti Karma ini sudah dua tahun harus bekerja keras mencari nafkah untuk keluarganya walaupun tanpa kaki sebelah ia tetap semangat. Kata Warman, pihaknya akan berupaya maksimal agar warganya ini mendapat bantuan kaki palsu. "Mudah mudahan ada donatur yang mau peduli untuk meringankan penderitaan Karma yang tidak mampu untuk membeli kaki palsu," harapnya.


    Beberapa waktu lalu, Sukarno (36) warga RT 05/01 Dusun Krajan, Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok mendapat kaki palsu setelah 5 tahun kaki kanannya buntung akibat kecelakaan. Ia mendapat bantuan kaki palsu dari Yayasan Peduli Tuna Daksa (Yay. Sadhu Vaswani) Jakarta. Dari keterangan tersebut Karma berharap besar dia pun dapat kaki palsu. (spn)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +