• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Shodaqoh Haji Gratis di Kutawaluya Dilanjutkan

    Rabu, 29 Juli 2009




    KUTAWALUYA, RAKA - Rapat klarifikasi kelanjutan program IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) digelar di Aula kantor Kecamatan, Rabu (29/7) sore. Rapat ini digelar untuk mendapatkan komitmen para anggotanya mengenai kelanjutan program naik Haji. Selama ini, telah terkumpul dana sebesar 51 juta yang tersimpan di Bank. Pasalnya, sebagian dana yang telah terkumpul itu, dipermasalhkan pihak Kejaksaan Negeri Karawang, karena telah memotongan dari dana bantuan sosial.



    Dana bantuan sosial tersebut, adalah dana BLT, PKH, sebesar 12 ribu/ penerima. Dan itu, dibahas dalam rapat yang di moderatori Camat Kutawaluya, Maman Suryaman. di dampingi Kepala KUA, H. Asep Saepulloh, berikut polisi dan para anggota IPHI se Kutawaluya. Rapat itu berjalan dengan sedikit alot di bumbui sedikit ketegangan pembelaan pendapat masing masing anggota. Hal ini mengakibatkan rapat itu, sulit untuk menemukan titik temu hingga dilakukan istirahat sejenak, mengingat waktu shalat yang wajib dilaksanakan. Setelah usai melaksanakan shalat berjamaah, rapat kembali dilanjutkan. Meski ada sedikit ketegangan, namun akhirnya dapat dicairkan dan mencapai titik temu dengan 3 opsi yang meminta suara kepada para anggotanya.



    Yakni, Program terus dilanjutkan hingga ada satu calon yang berangkat, kedua program terus dilanjutkan, tapi setelah uang yang berasal dari dana bantuan dikembalikan, atau yang ketiga uang dikembalikan semua. ketiga pilihan itu, secara otomatis terbentuk setelah sebelumnya dirangkum oleh Kepala KUA dari beberapa pendapat yang dilontarkan dari para anggota IPHI dalam rapat itu.



    Awal pendapat dilontarkan oleh Ketua IPHI yang sebelumnya telah mengundurkan diri karena kondisi kesehatan, H. Iyung .Dia mengeluarkan pendapat, bahwa dana yang sudah tertampung yang berasal dari dana bantuan supaya dikembalikan terlebih dahulu, dan meminta keterangan, pada yang menerima uang pengembalian jika ingin melanjutkan.



    Sementara pendapat yang kedua dikatakan Ketua forum Kepala Desa Kecamatan Kutawaluya, Jamaludin. Dia menerangkan bahwa dia juga meminta agar dana itu dikembalikan dahulu. Kata Kades yang baru saja usai mengikuti pemanggilan dari Kejari, bahwa pihaknya secara pribadi mendukung program IPHI. Namun, karena berbuntut pada pemanggilan kejaksaan, maka pihaknya meminta agar dana itu dikembalikan saja, sesuai dengan saran yang diberikan pihak dari kejaksaan. "Khususnya dana yang terkumpul dari dana bantuan sosial," terang Jamal.



    Mantan Camat Kutawaluya, Drs. Heri paryono. sebagai penggagas dari program IPHI. menyampaikan jika program ini terkait pada masalah hukum, dia menegaskan bahwa dia tidak pernah mengintruksikan para Kades untuk memotong dari dana bantuan sosial. Pihaknya hanya mengajak kepada yang mau. Sebab, kata Heri, dia hanya mengajak pada yang ikhlas bersodakoh. Dan hal ini sudah melalui komitmen bersama sebelumnya. "Kecuali jika ada oknum yang sengaja memakan uang sodakoh," tegasnya sembari menyampaikan pendapatnya agar ada pengundian yang pertama untuk diberangkatkan sesuai dengan komitmen awal.



    Selanjutnya, kata Heri, mengenai kelanjutan program IPHI dia menyerahkan keputusan kepada para anggota dan panitia. Namun, ketiga pendapat itu bertambah kembali dari ketus BPD merangkap PPK Kutawaluya, leklih jajuli. karena jika dana itu dikembalikan, Kata Leklih, sebagian dana yang sudah terkumpul itu, bukan hanya berasal dari dana bantuan sosial, ada juga dari dana PPK. lalu, setelah leklih, timbul pendapat baru dari tokoh agama Sindang Mukti, Tatang Sihabudin. Namun, setelah dirangkum kembali bersama sama para peserta rapat, hanya terbentuk tiga opsi untuk diminta suaranya. Mengingat haripun sudah menjelang malam.



    Hasilnya, pada opsi pertama yang memilih untuk melanjutkan sebanyak 7 suara, opsi kedua yang meminta dana dikembalikan sebagian sebanyak, 4 suara, opsi ketiga yang meminta dana dikembalikan semuanya, sebanyak 16 suara. Akhirnya, keputusan dapat diambil dan disaksikan oleh Camat kutawaluya dengan keputusan bahwa dana itu, akan diambil dari bank dan dikembalikan semua. Namun keputusan kelanjutan program IPHI, akan diputuskan oleh para peserta rapat, dalam waktu dekat. penutupan rapat diiringi dengan doa bersama sebagai simbol syukur rapat berjalan lancar dan sepakat. "Rapat ini digelar dengan itikad yang baik apapun hasilnya," tegas camat. (sigit)



    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +