• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pertamina MOR III Siapkan Stok BBM dan LPG

    Kamis, 17 Mei 2018
    KARAWANG, KarawangNews.com - Selama Ramadhan dan menjelang mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah ini, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III menyiapkan penambahan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG. Mengingat, konsumsi BBM naik hingga 9,4% dan LPG naik 10,1%.

    General Manager Pertamina MOR III, Erry Widiastono mengatakan, MOR III yang meliputi wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten memperkirakan kenaikan permintaan BBM sekitar 9,4 persen untuk jenis gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo.

    Sedangkan untuk jenis gasoil seperti Solar, Dexlite dan Pertamina Dex diprediksi mengalami penurunan sekitar 3,8%, sebab selama arus mudik jenis kendaraan berat seperti truk dan container bakal dilarang beroperasi.

    Dijelaskan Erry, dengan perkiraan tingginya permintaan tersebut Pertamina MOR III telah menyiapkan beberapa sarana fasilitas pendukung untuk menjamin kesediaan BBM dan LPG tercukupi di masyarakat, diantaranya menyiapkan 50 SPBU kantong yang tersebar di berbagai lokasi, untuk memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tanki menuju titik lokasi SPBU.

    "Tidak hanya SPBU kantong, kami pun menyiapkan 12 SPBBE Kantong yang siap beroperasi menjaga stok LPG di wilayah MOR III, bahkan selama masa Satgas, Pertamina juga menyiapkan sejumlah pangkalan siaga LPG  yang akan tetap buka meskipun di hari libur," kata Erry, saat meninjau langsung SPBU di KM 57 Karawang, Kamis (17/5/2018) siang.

    Pertamina MOR III juga akan menyiapkan 3 mobil tangki PTO berdispenser dan 23 kios kemasan untuk memperbanyak akses tempat pengisian BBM, agar masyarakat bisa mudah memperoleh akses mengisi BBM untuk kendaraannya, selama mudik lebaran nanti. 

    Sementara, kios kemasan yang disiapkan sudah dipetakan tersebar di 9 titik jalur reguler non-tol dan 14 titik di jalur tol jalur perjalanan mudik tahun ini. 

    Dalam mengantisipasi kemacetan untuk mensuplai BBM, Pertamina menyediakan kendaraan motor membawa kemasan BBM yang akan beroperasi apabila kondisi di lapangan darurat akibat kemacetan panjang yang lama. 

    "Sebanyak 30 unit motor kemasan di 20 titik wilayah MOR III diantaranya 8 titik di jalur regular dan 12 titik di jalur tol akan disiapkan Pertamina," ucapnya.

    Pada masa mudik lebaran nanti, Pertamina melalui Serambi Pertamax akan memberikan suguhan tempat yang nyaman untuk para pemudik beristirahat dengan berbagai fasilitasnya yang tersebesar di 4 titik jalur utama dan jalur selatan mudik wilayah MOR III.

    Selain BBM, MOR III memperkirakan permintaan LPG mengalami kenaikan dibandingkan konsumsi normal tahun 2018, yaitu sebesar 10,1 persen untuk produk LPG 3 Kg dan kenaikan permintaan LPG non PSO dibandingkan konsumsi normal tahun 2018 seperti Elpiji 12 Kg naik 1,4 persen.

    Kemudian, Bright Gas 12 Kg naik 18,6 persen dan Bright Gas 5,5 kg diperkiraan akan naik sebesar 39 persen. Khusus pembelian Bright Gas, masyarakat  dapat memesan melalui Contact Pertamina di nomor telepon 1 500 000.  (rls/spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru