• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jadi Narasumber Bimtek PTPS, PPK Kutawaluya Beri Pesan Ini

    Jumat, 09 Februari 2024
    Kordiv Teknis PPK Kecamatan Kutawaluya bersama Komisioner Bawaslu Karawang, saat mengisi materi Bimtek PTPS. Jum'at (08/02)


    KarawangNews.com - Panwaslu Kecamatan Kutawaluya secara maraton melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas TPS (PTPS) selama 2 hari berturut-turut pada Kamis (08/02/2024) sampai Jum'at (09/02/2024) bertempat di Aula MAN 4 Rengasdengklok, Karawang.

    Kegiatan yang dihelat dalam rangka pemantapan terkait tugas pokok dan fungsi PTPS ini, juga membahas pengenalan aplikasi SIWASLU dan tata cara distribusi logistik KPPS, pengenalan dokumen dan formulir serta teknis mekanisme pungut hitung suara (tungsura) di TPS-TPS nanti.

    Salah satu narasumber bimtek tersebut, Kordiv Teknis PPK Kecamatan Kutawaluya Kusnandar Fauzi, menjelaskan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat KPPS, dimulai dengan berbagai persiapan mulai dari pengumuman kepada masyarakat, penyampaian surat pemberitahuan kepada pemilih serta persiapan logistik di TPS.

    "Terkait prosedur pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dengan adanya penjelasan dari PPK di bintek ini, semoga dapat mengurangi misskomunikasi PTPS dengan rekan-rekan KPPS di lapangan terkait persiapan logistik, kelengkapan dokumen serta tata cara pelaksanaan tungsura di TPS," ujar Nandar.




    Lebih lanjut, Nandar menyampaikan soal administrasi dokumen dan logistik di tiap-tiap TPS nanti pada hari-H, PTPS diharapkan bersama KPPS dapat mengecek kelengkapan dan kesesuaian jumlah yang ada, terutama surat suara. Untuk meminimalisir kesalahan pencatatan dan penghitungan, yang berakibat terjadinya pemungutan suara ulang di TPS tersebut nantinya.

    "Untuk surat suara, terutama DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten, selain kesesuaian jumlah di masing-masing kotak suara. Dikarenakan kotak suara sejak di KPU dalam posisi tersegel, mohon dipastikan kembali bersama dengan KPPS pada saat pengecekan logistik di hari-H, dapil pada surat suara harus sesuai juga," tandas Nandar. [Yoza]


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +