• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Puluhan Perwakilan Warga Unjuk Rasa Tolak Rencana Perluasan TPAS Jalupang

    Kamis, 11 Januari 2024
    Aksi unjuk rasa warga tolak rencana perluasan TPAS Jalupang di depan Kantor Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Karawang.

    KarawangNews.com,- Pelebaran Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang terus mendapat reaksi keras dan penolakan warga dari masyarakat sekitar.


    Pasalnya, dampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan warga jadi penyebab warga menolak rencana perluasan TPAS Jalupang tersebut.


    Kendati, Pemerintah Kabupaten Karawang telah menyiapkan sarana layanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), tidak serta merta dapat menyelesaikan masalah. Karena bau tak sedap dan menyengat tetap menjadi keluhan masyarakat yang terdampak.


    Menyikapi pernyataan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Karawang, yang mempertanyakan masyarakat mana yang menolak perluasan TPAS Jalupang?.


    Maka puluhan perwakilan warga berinisiatif menunjukkan sikap tegas di kantor Desa Wancimekar, dengan melakukan aksi unjuk rasa, kemudian dilanjutkan audensi di aula kantor desa.


    Mereka dengan aksinya itu memastikan penolakan rencana pelebaran Tempat Pembuang Akhir Sampah (TPAS) Jalupang, Kamis (11/1/2024)


    Diketahui dalam aksi unjuk rasa tersebut warga membentangkan puluhan poster bernada penolakan di depan kantor Desa Wancimekar. Menolak pelebaran TPAS Jalupang yang dianggap dapat menggangu kesehatan masyarakat.


    Kepala Desa Wancimekar, Dimyat Sudrajat menemui langsung massa aksi unjuk rasa dan melaksanakan audiensi untuk menampung aspirasi dan keluh kesah warga terkait adanya rencana pelebaran TPAS Jalupang.


    Ia mengatakan, Pemdes Wancimekar akan mengakomodir keinginan masyarakat yang menolak rencana pelebaran TPAS Jalupang.


    Usai beraudiensi dengan warga, Kepala Desa Wancimekar membacakan surat kesepakatan bersama yang ditandatangani nya bersama warga, yang isinya menolak pelebaran TPAS Jalupang dan Pemdes Wancimekar akan menginformasikan kepada warga perkembangan rencana pelebaran TPAS.


    "Berdasarkan kesepakatan bersama warga, Kami Pemdes Wancimekar menegaskan menolak pelebaran TPAS Jalupang, karena dikhawatirkan akan kesehatan warga dampak bau yang tidak sedap yang ditimbulkan dari sampah yang berasal dari TPAS Jalupang," ujarnya. [Sukarya/Irfan]


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +