• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ratusan PTPS Telah Dilantik, Didi Suheri: Saya Apresiasi Peran Vitalnya di Pemilu 2024

    Minggu, 21 Januari 2024
    Didi Suheri, M.Sos.


    KarawangNews.com,- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tirtamulya menggelar Pelantikan dan Bimbingan Teknis  (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)  se-Kecamatan Tirtamulya diselenggarakan di Gedung Serba Guna SMPN 1 Tirtamulya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).


    Peserta Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang.

    Kegiatan tersebut diikuti Ratusan peserta Bimtek PTPS yang diisi 

    2 pemateri dari Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Ikbal Anggara dan Akademisi Dosen Fisip dari Universitas Satya Gama, Didi Suheri,M.Sos.


    Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tirtamulya, Suradhi Sotan Sobari, S.T memaparkan "Kurang lebih 20 hari persiapan rekruitmen dimulai pendaftaran, pemberkasan dan wawancara lalu pada hari ini pelaksanaan pelantikan juga Bimtek PTPS se-Kecamatan Tirtamulya," terangnya.


    Ia menyebut kegiatan pelantikan PTPS pembekalan Bimtek diikuti sebanyak 149 orang peserta dari 10 desa di Kecamatan Tirtamulya. Sudah mendapat SK, juga menerima atribut berupa; Rompi, Topi, dan Kartu Tanda Pengenal.


    "Para pengawas TPS tersebut. Nanti pada waktu Pemilu 14 Februari 2024, mereka dibagi tugas ke 10 desa di antaranya Desa Karangsinom 20 Tps, Desa Citarik 23 Tps, Desa Karangjaya 20 Tps, Desa Parakan 16 Tps, Desa Parakanmulya 11 Tps, Desa Kamurang 10 Tps, Desa Cipondoh 13 Tps, Desa Kertawaluya 13 Tps, Desa Tirtasari 13, Desa Bojongsari 10 Tps, diharapkan mereka mampu bertugas secara maksimal," tandasnya.


    Sementara, di tempat yang sama salah satu pemateri dari Akademisi Dosen Fisip Satya Gama, Didi Suheri, M.Sos, menyampaikan tugas pokok dan fungsi PTPS juga mengapresiasi terkait banyaknya anak muda terlibat masuk menjadi peserta PTPS dalam pelantikan dan Bimtek yang digelar Panwaslu Kecamatan Tirtamulya.


    "Penyampaian saya dalam Bimtek tadi telah disampaikan kepada peserta terkait tanggungjawab, tugas dan wewenang PTPS seperti apa saja," ucapnya 


    Lanjut Didi Suheri menambahkan, karena, saya kira secara hirarki pengawasan penyelenggara Pemilu di Bawaslu. PTPS ini paling bawah urutannya dari Bawaslu RI sampai PTPS, meskipun paling bawah secara hirarki, mungkin honornya juga paling kecil tapi perannya PTPS ini sangat vital. 


    "Karena merekalah yang bergesekan langsung dengan masyarakat, mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam proses pemungutan suara di Tps-Tps. Maka saya sangat mengapresiasi sekali," ujarnya. [Sukarya]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +