• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KPU Karawang Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

    Minggu, 14 Januari 2024
    Simulasi pemungutan dan penghitungan suara KPU kabupaten Karawang.

    KarawangNews.com, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Karawang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam tahapan 30 hari menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024. 

    Jajaran KPU Kabupaten Karawang bersama Kadiv Teknis penyelenggara KPU Provinsi Jawa Barat di lokasi simulasi Pemilihan Umum 2024.

    Kegiatan simulasi serentak tersebut digelar KPU RI di seluruh KPU kabupaten/kota di Indonesia. Untuk simulasi Pemilu di Kabupaten Karawang dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) VII berlokasi di lapangan bola Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Karawang, Provinsi Jawa Barat, Minggu (14/1/2023).


    Terpantau simulasi dimulai pukul 7.00 WIB pagi dan ditutup Jam 13.00;WIB, diikuti beberapa kategori pemilih yang memiliki hak pilih, di antaranya pemilih pemula usia 17 tahun, lanjut ke lansia dan pemilih penyandang disabilitas.


    "Kegiatan simulasi ini tentunya merupakan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat sekitar bagaimana nanti proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS," kata Mari Fitriana, Ketua KPU kabupaten Karawang.


    Menurutnya dalam kegiatan simulasi ini, untuk evaluasi durasi waktu pemilih dan antisipasi potensi rawan bencana salah satunya banjir di Kabupaten Karawang.


    Selain itu, diterangkannya jumlah Daptar Pemilih Tetap (DPT) seluruh hak pilih di Karawang dan jumlah pemilih yang mengikuti simulasi di TPS tersebut. Disampaikannya juga kegiatan simulasi ini dihadiri PPK se-kabupaten, perwakilan Forkopimda Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang, perwakilan Kejari Karawang, Camat  Cikampek, Kades Kamojing, TNI-Polri, Bawaslu Karawang, pemantau Pemilu dan yang mewakili partai politik peserta Pemilu juga tamu undangan Ketua KPU Purwakarta dan Bekasi serta Kadiv Teknis Penyelenggaraan KPU Jawa Barat.


    "Untuk jumlah DPT di Kabupaten Karawang diketahui kurang lebih 1 juta 779 ribu hak pilih, dengan TPS  sebanyak 9890 bilik suara di 30 kecamatan, untuk simulasi sekarang di TPS 7 Desa Kamojing diikuti sebanyak 295 orang terdaftar pemilih," terang Mari Fitriana.


    Ia berharap tujuan simulasi ini bisa berdampak meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilu 14 Februari 2024. Semakin tertib dan lancar, semoga Pemilu nanti dapat berlangsung sukses tanpa ekses.


    Di tempat yang sama Kadiv Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Barat, Adi Saputro mengatakan KPU Provinsi terus mempersiapkan tahapan Pemilu di berbagai tingkatan, simulasi ini juga bermaksud menyampaikan ke publik terkait desain-desain surat suara dan tata cara memilih, edukasi bagi pemilih pemula serta lansia dan disabilitas, juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilihan Umum 2024.


    "Saya apresiasi untuk kegiatan simulasi Pemilu yang telah dilaksanakan KPU kabupaten Karawang," tambahnya.


    Sementara, Ketua Pemantau Demokrasi Pelita Sayap Putih (PDPSP), Sopiyan menanggapi simulasi Pemilu KPU Kabupaten Karawang, dinilai sangat baik untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara di hari H nya nanti "Pemantau sangat mendukung dan kalau bisa KPU jangan hanya satu titik simulasi pungut hitung, ada titik lainnya juga," ucap Sopiyan.


    Ketua PDPSP Sopiyan (foto ujung kanan)

    Dikatakannya, simulasi pungut hitung KPU Karawang ini, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dari pihak penyelenggara "Kita bisa mengukur kesiapan semua, baik dari KPU, PPK dan PPS juga bisa mengetahui standar waktu proses pencoblosan dan proses penghitungannya, intinya Pemantau Pemilu PDPSP mendukung kegiatan simulasi yang digelar KPU Karawang," ujarnya. [Sukarya]





    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru