• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ratusan Monyet Liar Penghuni Eksotik di Hutan KHDTK Paru-Paru Kota Cikampek

    Minggu, 04 Juni 2023
    Hutan KHDTK Cikampek 

    KARAWANG, KarawangNews.com - Ratusan Monyet liar penghuni eksotik di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Cikampek, diserbu pengunjung pada hari libur, terletak kurang lebih 2 km sebelah selatan Kota Cikampek dan berada di ketinggian 50 m dpl. 


    Secara administrasi pemerintahan, KHDTK Cikampek berbatasan dengan Desa Cikampek, Desa Sarimulya, dan Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (4/6/2023).


    Sekaligus merupakan Hutan Penelitian (HP) merupakan aset penting Puslitbang Hutan. KHDTK dan HP ini merupakan show window hasil litbang. 


    Diketahui ada beberapa tempat Puslitbang Hutan mengelola 4 KHDTK yaitu KHDTK Carita, KHDTK Yanlapa, dan KHDTK. Haurbentes. Sedangkan Hutan Penelitian ada 7 HP meliputi HP. Dramaga, HP. Cikole, HP. Arcamanik, HP. Pasirhantap, HP. Pasirawi, HP. Gunung Dahu, HP. Subang termasuk KHDTK Cikampek.


    Dikutip dari laman KHDTK Cikampek dibangun tahun 1937 dengan luas ±51,1 yang ditetapkan sebagai KHDTK melalui Menteri Kehutanan No. 306/Kpts-II/2003. KHDTK Cikampek.


    Ada berbagai jenis introduksi tanaman di KHDTK Cikampek sebanyak 59 jenis yang terdiri dari 3 jenis dari famili Dipterocarpaceae dan 56 jenis dari non-Dipterocarpaceae serta 2 jenis bambu (bambu apus dan bambu mayan).  


    Sebanyak 28 jenis merupakan jenis eksotik (penyebaran alaminya di luar Indonesia) dan 31 jenis merupakan jenis asli Indonesia. Jenis – Jenis Dipterocarpaceae antara lain: merawan (Hopea odorata Roxb.), meranti (Shorea robusta Gaertn), meranti (Shorea selanica Bl.), dan sebagainya. Sedangkan jenis Non-Dipterocarpaceae diantaranya adalah akasia (Acacia auliculiformis A.Cunn.), jabon.


    Sementara itu Nurlaila (35) warga sekitar,  pengunjung KHDTK Cikampek mengungkapkan, banyak monyet liar yang berkembang biak disini, menambah eksotik pemandangan, terdapat pula tempat 

    peneliti pelestari pepohonan. Banyak pohon membuat suasana menjadi teduh dan udaranya pun segar.


    "Tempat disini sangat nyaman, dihari libur seperti sekarang bisa sambil mengedukasi anak dan bersama keluarga, sambil istirahat menghabiskan waktu di sini, " kata Nurlaila. 


    Nurlaila berharap, Hutan di tengah kota Cikampek, terus dijaga pelestariannya juga harus ada perhatian dari Pemerintah Daerah dan semakin terjaga kebersihannya. 


    "Tapi sedikit disayangkan, masih banyak pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan, masih ada sampah yang dibuang sembarangan, harusnya, kita ikut menjaga lingkungan dan turut melestarikan alam di KHDTK Cikampek ini, " ujarnya. (sky) 


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru