• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Hibah Bikin Heboh!, N.Hartono Wanhat Jaringan Pengawas Kebijakan Publik (J.P.KP) Jawa Barat, Soroti Hibah 10 Miliar Pemkab Karawang

    Jumat, 10 Februari 2023



    KarawangNews.com - Polemik pemberian dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Karawang ke Polda Jabar sebesar Rp10 miliar terus menuai kritikan.


    Dewan Penasihat (Wanhat) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (J.P.K.P) Provinsi Jawa Barat N.Hartono menyoroti hibah untuk Polda Jabar tersebut.


    Menurut Romo sapaan akrab N.Hartono, bahwa hibah tersebut salah sasaran dan tidak tepat. Pasalnya masih banyak infrastruktur di Kabupaten Karawang yang masih belum tersentuh. Belum lagi dua tahun terakhir ini kita dihantam pandemi Covid-19, hingga saat ini perekonomian masyarakat belum pulih benar.


    Foto Rawan ambruk, SDN Karangjaya III, Desa Karangjaya, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang. 




    "Coba kita turun ke beberapa daerah di wilayah Karawang, masih ada beberapa gedung sekolah dan sarana prasarana yang belum memadai. Nah, ini Pemkab malah berikan hibah ke Polda?," ujar Romo kepada media ini, Jumat 10 Februari 2023. 




    Foto Gedung roboh SDN Bojongsari 1, Desa Bojongsari, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang.




    Kemudian lanjut Romo, hibah tersebut sudahkah sesuai dengan regulasi yang ada? 


    "Coba kita cek peraturan tentang Hibah. Apakah bisa hibah dari Pemerintah Daerah ke Instansi yang dibiayai APBN?," ujar Romo dengan nada bertanya.


    Kepolisian itu sudah sangat jelas alokasi dananya dari Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

    Bahkan lanjutnya, Kepolisian itu urutan ketiga terbesar alokasi dana APBN dari 34 Kementerian di Indonesia.


    Diketahui sambung Romo, pada tahun ini (2023_ red) Polri mendapatkan anggaran Rp111,1 triliun. Anggaran tersebut lebih besar dari alokasi anggaran tahun 2022 sebesar Rp108,44 triliun.


    "Nah, kenapa harus disuport lagi sih?.Bener- bener hebat Pemkab Karawang ini," tukasnya.


    Kami masih kata Romo, minta segera Bupati Cellica menjelaskan secara terbuka kepada publik. Hal itu diperlukan agar tidak menjadi gaduh di masyarakat.


    "Yang membuat heran, apa urgensitasnya pemkab memberikan hibah pada Polda, di tengah masyarakatnya yang masih banyak membutuhkan," terangnya.


    Konsekuensi logis dari Bupati Karawang saat ini, harus bisa mempertanggungjawabkan kepada publik niat dan motivasi apa hingga 10 miliar dihibahkan ke luar, sama sekali tidak dapat dirasakan langsung, oleh masyarakat Karawang yang notabene menjadi rakyatnya.


    "Kami warga Karawang saat ini butuh penjelasan dari ibu bupati. Jangan sampai hibah sepuluh miliar ke luar, warga Karawang hese manggih dahar," tandasnya.(***)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +