• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PT Yamaha Salurkan CSR BPJS Ketenagakerjaan untuk Warga Sukaluyu dan Wadas

    Sabtu, 28 Januari 2023

     



    KarawangNews.com - PT Yahama Motor Parts Manufacturing Indonesia, menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk Perlindungan Program BPJS Ketenagakerjaan bagi 155 orang pekerja informal di Desa Sukaluyu dan Desa Wadas, Kabupaten Karawang.

    General Manager HRD PT Yamaha Motor Partai Manufacturing Indonesia, Endah Ermasari menyampaikan, para pekerja informal berhak menerima perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan dan masuk dalam kategori pekerja bukan penerima upah (BPU).

    Selain memberi perlindungan untuk   pedagang kaki lima, juga diberikan asuransi untuk pengemudi ojek online, pedagang sayur, petugas keamanan komplek dan buruh harian lepas yang merupakan pekerja informal, mereka juga berhak juga mendapat perlindungan kerja.

    Di acara penyerahan simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan ini, hadir Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karawang, am Santoso dan Kepala Desa Sukaluyu, Hj. Lina Herlina.

    Dikatakan Endah mengatakan, sasaran program CSR PT. Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia ini untuk memberikan edukasi pentingnya perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja informal atau mereka yang bukan penerima upah.

    "Perusahaan berupaya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat dengan adanya manfaat yang diberikan dari BPJS Ketenagakerjaan," kata Endah.

    Sementara itu, Herlina menyampaikan,   sinergitas antara PT. Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan Karawang manfaatnya sangat berdampak bagi masyarakat Kabupaten Karawang.

    "Ini sangat luar biasa sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Karawang dengan BPJS Ketenagakerjaan dan PT. Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonsia dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Karawang," ucapnya.

    Kata dia, Pemerintah Kabupaten Karawang dan masyarakat juga sangat apresiasi terhadap perusahaan yang sudah memberikan asuransi untuk melindungi ojek online, buruh harian lepas, nelayan, ada pedagang kaki lima, termasuk pekerja bangunan.

    "Kami berharap, kerjasama ini terus ditingkatkan," kata Kades Herlina.

    Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karawang, Imam Santoso juga mengucapkan apresiasi kepada PT Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia karna telah membangun hubungan kemintraan yang harmonis dan strategis.

    "Terima kasih, BPJS Ketenagakerjaan mendapat kepercayaan dalam penyaluran program CSR dari perusahaan," jelasnya.

    Di hari yang sama, PT Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia juga memberikan program CSR dalam bentuk asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat Desa Wadas.

    Penyerahan asuransi ini disaksikan  Kepala Desa Wadas H. Jujun Junaedi, S, juga Direktur PT Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia, Sabah Saparian dan Kepala Bidang Kepesertaan Koorporasi dan Istitusi BPJS Ketenagakerjaan Karawang, Tomjon.

    Para pekerja buruh harian mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan dengan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

    Dikatakan Sabah, selain asuransi l manfaat lainnya yaitu diberikan beasiswa sebesar Rp174 juta bagi dua anak dari TK hingga perguruan tinggi.

    Diakuinya, di desa ini kemungkinan besar masih akan ada tambahan peserta, mengingat masih banyak para pekerja informal yang rentan dalam pekerjaannya belum teecover BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya montir termasuk pedagang UMKM.

    Penerima BPJS Ketenagakerjaan di Desa Wadas, Rakim mengaku, haru dan bahagia sudah diberi perlindungan asuransi dari PT Yamaha Motor.

    "Terima kasih kepada perusahaan yang  peduli dan membantu kamu sebagai pekerja tanpa gaji," kata Rakim.
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru