• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Karawang Kota Dikepung Banjir, Sistem Drainase Buruk?

    Selasa, 11 Januari 2022


    KarawangNews.com, KARAWANG - Diguyur hujan lebat sepanjang sore hari, puluhan rumah di pemukiman padat penduduk tengah Karawang Kota, dikepung Banjir, Senin malam, (10/01/2022).

    Debit air mulai tinggi ketika hujan mengguyur wilayah Karawang Kota hanya dalam tempo 1 jam saja.

    Una, Ketua RT di lingkungan Jatirasa, Kelurahan Karangpawitan, Karawang Barat menyebut, wilayahnya memang langganan banjir, terlebih ketika diguyur hujan deras dengan intensitas hujan yang lama.

    "Jatirasa memang langganan banjir tiap tahunnya, apalagi ketika hujan lama dan gede", katanya.

    Warga lainnya, Amir mengatakan drainase yang kecil dengan rumah yang berdekatan menjadi penyebab utama genangan air saat hujan di Jatirasa cepat meninggi.

    "Mungkin ini karena saluran airnya yang kecil dan dangkal, maka air cepat tingginya. Apalagi disini rumahnya berdampingan, ya cuma beberapa jam saja, air cepat masuknya",  ujarnya.

    Sementara itu, juga diakibatkan intensitas hujan yang lebat, saluran pembuangan yang melintasi lingkungan Sadamalun 3, RT 01/14, Kelurahan Nagasari, Karawang Barat tak mampu menampung debit air yang tinggi.

    Drainase di wilayah Karawang Kota yang membentang sepanjang Babakan Cianjur, belakang Dinas PUPR, Sentiong sampai ke Gang Paledang, Karawang Kulon tersebut setiap hujan deras mengguyur Karawang Kota dengan Intensitas yang lama, kini tak sanggup menampung limpasan air hujan yang meluap.

    Banyaknya bangunan yang berdiri diatas saluran air, serta mampatnya pintu air akibat sampah, juga disinyalir menjadi penyebab banjir meluber masuk ke rumah-rumah warga.

    Warga berharap pemerintah segera turun tangan untuk membenahi saluran air sepanjang Karawang Kota, mengingat jika dibiarkan terus menerus, pemukiman padat penduduk di tengah Kota Karawang tersebut selalu jadi langganan banjir.

    Dari pantauan awak media, banjir yang terjadi mencakup berbagai wilayah di Karawang Barat mulai dari Jalan Tuparev, Sadamalun, Gor Panatayudha, Jalan Cakradireja, Jatirasa Barat dan sekitar Fly over Hotel SwissBel, hingga Komplek Perkantoran Pemda Karawang. [yoz]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +