• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daeng Muhammad Dorong Peran CSR BUMN Untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi Masyarakat

    Minggu, 02 Januari 2022


    PurwakartaAnggota DPR RI Komisi VI, Daeng Muhammad gelar kegiatan sosialisasi Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN, Kamis (30/12/2021) kemarin, di Aula Grand Ciwareng Inn, Desa Maracang, Kecamatan Babakan cikao, Kabupaten Purwakarta.

    Daeng menyebutkan, pihaknya saat ini tengah gencar mensosialisasikan peran penting CSR atau tanggungjawab sosial dan lingkungan badan usaha milik negara (BUMN) bagi masyarakat.

    "Bagaimana CSR BUMN ini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kita butuh akselerasi pasca pandemi covid 19 ini," terang Daeng.

    Disebutkan Daeng, ada tiga sektor yang menjadi fokus utama komisi VI DPR RI dari CSR BUMN ini berdasarkan UU No. 40 Tahun 2017 tentang perseroan terbatas (PT) pasal 74.

    "Ketiga sektor tersebut adalah lingkungan, pendidikan dan umkm," ujar anggota DPR RI Fraksi PAN ini.

    Pria yang berasal dari Dapil Jawa Barat VII (Purwakarta, Karawang, Bekasi) ini pun menambahkan, peran CSR BUMN ditengah masyarakat bisa memberikan manfaat kepada masyarakat ditengah covid 19 ini yang kasusnya semakin melandai. Diantaranya, mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.


    "CSR BUMN kita dorong untuk pemulihan ekonomi. Yakni, mencakup sektor lingkungan hidup, pendidikan dan umkm. Ini sebenarnya sudah saya lakukan dari semenjak tiga tahun terakhir dan akan lebih gencar lagi pasca covid 19 ini," sebut Daeng.

    Dijelaskan olehnya, program CSR BUMN digunakan untuk program pemberdayaan antara lain program kemitraan dan pembinaan lingkungan (PKBL), perbaikan ruang kelas hingga meng-upgrade pelaku UMKM.

    Namun lanjut daeng, hal ini harus berbanding lurus dengan kesiapan masyarakat, jangan sampai program yang ada hanyalah seremonial belaka, tanpa ada out put yang nyata.

    "Dibutuhkan kesadaran kolektif karena program yang baik sekalipun tanpa adanya keseriusan dan fokus tidak akan berdampak positif bagi masyarakat," katanya.

    Lebih lanjut, Daeng mengatakan BUMN memiliki letak strategis ibarat lokomotif.  Selain itu, infrastruktur BUMN juga paripurna dan tak tertandingi di berbagai bidang, termasuk menjangkau jaringan mancanegara hingga ke pelosok daerah dan pulau terluar.

    "BUMN sejatinya merupakan motor penggerak yang luar biasa yang memiliki kekuatan sepertiga kekuatan ekonomi nasional. Dengan kehadirannya, BUMN dapat menjalankan berbagai program yang sangat dinanti masyarakat," tandas Daeng. [yoz]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru