• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dosen dan Mahasiswa Unsika Eduksi Warga Cicinde Gunakan Obat

    Jumat, 26 November 2021



    KarawangNews.com - Dalam rangka peduli penggunaan obat rasional, guna agar tidak ada kerugian kembali pada pasien yang melakukan penggunaan obat secara tidak tepat. 


    Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), dosen dan mahasiswa memberikan edukasi mengenai penggunaan obat rasional dan cek kesehatan gratis di balai desa Cicinde Selatan. 



    Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai tanggal 20 September 2021-6 November 2021 yang dibimbing oleh Ibu Apt. Indah Laily Hilmi, S. Farm., M. KM, Apt. Devi Ratnasari, M. Farm dan Gun Gun Gumilar, S. AP., M. AP selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan diikuti oleh 18 mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang.


    Dalam program KKN tematik yang dijalankan pada tahun ini dilakukan program pengabdian pada masyarakat dengan berjudul 'Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional di Fasilitas Kesehatan dan Masyarakat dalam Peningkatan Usaha Promotif Kesehatan'. Pengabdian ini terintegrasi dengan penelitian HIPKA (Hibah Prioritas Unsika).



    Kelompok KKN Soobras 2021, menjelaskan bahwa dampak yang ditimbulkan akan sangat berbahaya jika masyarakat tidak menggunakan obat secara rasional, maka dari itu diadakannya sosialisasi penggunaan obat rasional dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi obat yang benar.


    "Saya menyambut baik dosen dan kelompok KKN Soobras yang mengadakan sosialisasi mengenai penggunaan obat rasional di Desa Cicinde Selatan ini. Saya harap masyarakat dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat agar tidak salah kaprah lagi dalam mengkonsumsi obat," ujar Kepala Desa Cicinde Selatan, Dasum.



    Antusias terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dalam seminar edukasi yang diadakan pada 6 November 2021 di Kantor Balai Desa Cicinde Selatan.


    Ketua kelompok sekaligus pemateri, Sahlal Hudaifi menjelaskan, masyarakat Cicinde Selatan masih banyak yang belum mengetahui bahwa penggunaan setiap obat berbeda-beda. 


    "Banyak dari masyarakat masih belum memahami tulisan dalam kemasan obat, juga pemahaman mengenai simbolsimbol kemasan obat," ucapnya. [*]


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +