• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinkes Karawang Bentuk Pos UKK

    Kamis, 31 Desember 2009

    BeritaKarawang.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dan Puskesmas Medang Asem membentuk kesepakatan Pos UKK (Usaha Kesehatan Kerja), Kamis (31/12/2009) siang di puskesmas setempat. Program ini untuk meningkatkan kerja home industri yang bertujuan mensejahterakan masyarakat setempat.
     
    Dalam pertemuan tersebut, dihadiri perwakilan aparat desa dari Desa Medangasem, Ciptamarga dan Desa Kampungsawah berikut empat orang pengusaha home industri setempat. "Ini program yang pertama tentang usaha kesehatan kerja, program ini punya nilai bagi pekerja, kesehatan mereka akan lebih diperhatikan oleh pihak pengusaha," kata Kaur Pemerintahan Desa Kampung Sawah, Supriyatna.
     
    Setelah itu, kelompok ini akan menjalankan kewajibannya mensosialisasikan Pos UKK ke semua pekerja oleh pemilik home industri sendiri dan aparat desa se-Kecamatan Jayakerta, seperti pembuatan dompet, sepatu, penggilingan padi dan batu bata serta usaha lainnya.
     
    Sedangkan, kecamatan pun dilibatkan agar berperan aktif dalam program kesehatan kerja ini, begitu pun bagi puskesmas dan dinas kesehatan yang telah memfasilitasi program tersebut.
     
    Kepala UPTD Puskesmas Medangasem, Eko Susanto, SKM menjelaskan, mudah-mudahan ini sebagai program unggulan di Puskesmas Medangasem, karena program Pos UKK ini baru dibentuk di dua tempat se-Kabupaten Karawang, pertama di Telukjambe dan kedua di Medangasem. Ini tidak lepas dari dukungan home industri dan aparat desa untuk mengembangkan program ini.
     
    Dijelaskan Kasi Kesehatan Khusus, Dinas Ksehatan Karawang, dr. Hj. Yayuk Sri Rahayu MKM, tujuan Pos UKK ini memberikan pelayan komprehensif supaya tenaga kerja tetap sehat, karena jika sehat maka produktifitas dan ekonomi keluarga akan meningkat. Program ini juga diharapkan bisa meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). "Nanti akan ada stimulan dari dinas kesehatan, diantaranya pelatihan kader-kader Pos UKK tiap desa," jelasnya.
     
    Kata dia, se-kabupaten tercatat 13 puskesmas yang akan menerima program ini, diawali pembentukan Pos UKK di Telukjambe pada 25 Nopember 2009 lalu yang dilanjutkan di Puskesmas Medangasem ini. "Ada 11 puskes lagi yang akan menerima program Pos UKK. Program ini dari pemerintah pusat yang disesuaikan dengan keampuan masing-masing daerah dan pengembangannya pun disesuaikan dengan kebutuhan," ujarnya. (*)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +