• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pertamina Sosialisasi Ganti Pipa Minyak dan Gas

    Rabu, 11 November 2009


    BeritaKarawang.com - PT. Pertamina mensosialisasikan survei pipa bawah laut kepada nelayan Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Rabu (11/11/2009) siang. Ini menyusul pengakuisisian kepemilikan 46 persen saham yang dimiliki BP West Java Ltd (BP) oleh PT. Pertamina PHE ONWJ tanggal 1 Juli 2009 lalu.


    Pelaksanaan penggantian pipa ini akan dilakukan pada Desember 2009 hingga Januari 2010 mendatang. Pada sosialisasi ini Pertamina meminta kerjasama dengan nelayan untuk menjaga aset pipa bawah laut yang terbentang dari laut utara Cirebon sampai Kepulauan Seribu, Jakarta yang berproduksi 12.000 barel per hari minyak dan 100 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) gas alam.


    "Kami mengharapkan kerjasama (dengan nelayan, red), dan sosialisasi ini untuk pekerjaan survei pipa bawah laut. Ini bukan proyek besar atau baru, tetapi rutinitas tiap tahun selama 25 tahun ini. Apalagi soal pipa minyak dengan tekanan tinggi, jika ada kecelakaan maka minyak akan tumpah dan mencemari laut," ucap Humas PT. Pertamina, Basith Syarwani.


    Pada sosialisasi itu, nelayan diminta menjauh daerah larangan yang telah ditetapkan Sebagai daerah terlarang dan terbatas sepanjang 500 meter dari anjungan hingga 2 km dari kapal-kapal, sesuai Undang-undang No 1 Tahun 1973/landas-kontingen Indonesia, peraturan pemerintah No 17 Tahun 1974. Kapal-kapal itu diantaranya Kapal Pengeboran ENSCI 51, kapal suplai MV Pahlawan 3 dan Katalina, juga Kapal Hallin, Kapal LCT Ayu 58, Kapal MV Rush River dan Kapal APC AUSSIE.


    Tercatat, Pertamina resmi memiliki 46 persen saham BP West Java Energi Ltd di ONWJ yang berlokasi di laut utara Jawa. Penandatanganan nota akuisisi dilakukan antara Dirut PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Bagus Setiardja dan Presiden BP Indonesia William Lin serta Dirut Pertamina Karen Agustiawan, sebagai induk perusahaan PHE.


    Pendanaan pengakuisisian ONWJ senilai 280 juta dolar AS seluruhnya berasal dari internal Pertamina. BP Indonesia menjual kepemilikan ONWJ karena tidak sesuai dengan strategi jangka panjang perusahaan.


    Seperti diketahui, BPONWJ memiliki wilayah kerja seluas 8.300 km2, terdiri dari fasilitas 314 sumur yang sudah berproduksi dan 218 struktur lepas pantai, 11 stasiun pengumpul permanen, 375 jalur pipa sepanjang 1.250 km, dan 3 fasilitas penerima gas di daratan. (*/berbagai sumber)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru