• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Banyak Perahu Nelayan Ditabrak Kapal Laut PT. Pertamina

    Rabu, 11 November 2009

    BeritaKarawang.com - Tidak sedikit nelayan yang bercerita banyak diantara perahu mereka yang ditabrak kapal laut PT. Pertamina di tengah laut, bahkan ada yang sampai meninggal dunia.


    Seperti dituturkan nelayan asal Indramayu, Dede (38), Rabu (11/11/2009) siang, temannya meninggal pada tahun 2008 lalu saat kapal laut Pertamina menghantam perahunya yang sedang menjaring ikan. "Ganti ruginya cuma sedikit," tukasnya.


    Hal serupa diungkapkan beberapa nelayan lainnya asal Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, mereka menganggap nakoda Pertamina lalai dan kurang memperhatikan perahu-perahu kecil di sekelilingnya.


    Tabrakan ini sering terjadi malam hari, meski nelayan sudah memberi peringatan dengan mengayunkan lampu, tetap saja kapal Pertamina melaju kencang dan menabrak perahu nelayan hingga tenggelam.


    Selain tabrakan, nelayan pun dirugikan kapal tersebut, jaring-jaring ikan yang ditebar banyak yang hancur akibat tersangkut dasar perahu besar itu. Ada yang diganti rugi, tapi kebanyakan nelayan tidak mendapat ganti rugi dari Pertamina.


    Menanggapi hal ini, saat pertemuan sosialisasi dengan nelayan di Koperasi Nelayan Sungai Buntu, Rabu (11/11/2009) siang, pihak Pertamina menjawab, harusnya nelayan lebih hati-hati saat melaut dan menghindari kapal-kapal Pertamina yang melintas.


    Namun begitu, para nelayan menepisnya jika itu kesalahan nelayan. "Justru kapal Pertamina yang tidak pernah berhati-hati terhadap perahu kecil," teriak seorang nelayan. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru