• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dendhy Dilantik Ketua Sispamdu Zhadoel Karawang

    Selasa, 08 September 2009

    Dendhy Ananda (kanan) saat dikukuhkan sebagai Ketua Sispamdu Zhadoel Karawang oleh AKBP Rudi Antariksawan, S.ik.SH.Msi.
     
     
    KARAWANG BARAT, RAKA - Dendhy Ananda dikukuhkan sebagai Ketua Sispamdu Zhadoel (Sistem Pengamanan Terpadu Jalur Duduluran) periode 2009-2011 oleh Kapolres Karawang, AKBP Rudi Antariksawan, S.ik.SH.Msi, Senin (7/9) sore di Rumah Makan Alam Sari, Karawang. Bersamaan dengan acara ini, dibentuk kepengurusan Zhadoel Karawang dan buka puasa bersama.
     
    Kepada seluruh anggota Zhadoel, Kapolres Karawang, AKBP Rudi Antariksawan, S.ik.SH.Msi, menyatakan, ini adalah tekad dan semangat Zhadoel, organisasi ini akan jadi bagian masyarakat yang ingin bekerjasama dengan aparatur pemerintah dan berkeinginan menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan nyaman. Sesuai tugas pokok dibidang keamanan, ketertiban, hukum dan mengayomi masyarakat, tentunya polisi tidak bisa sendiri, maka Zhadoel inilah yang akan menjadi bagian dari tugas kepolisian dengan keberadaan organisasi yang jelas. "Ini akan sangat bermanfaat bagi kepolisian dan masyarakat, keberadaan organisasi seperti ini masyarakat Karawang akan semakin aman," ujarnya.
     
    Pelantikan ini sangat tepat untuk mengayomi masyarakat, mengingat beberapa hari lagi akan masyarakat muslim merayakan Idul Fitri. Dia juga menghimbau pada anggota Zhadoel untuk mempersiapkan mental dan fisik menghadapi pemudik, mengingat Karawang ini jalur strategis dan pintu jalan bagi pemudik dari Jakarta ke arah Jawa Timur dan sebaliknya, terlebih jumlah kendaraan arus mudik akan bertambah banyak. "Terima kasih atas kesanggupan rekan-rekan (Zhadoel, red) yang berkeinginan mengayomi masyarakat dan kita siap bekerja sama," ujarnya.
     
     
    Jalur duduluran ini maksudnya jalur persaudaraan dengan sistem menggunakan komunikasi frekwensi HT. Pada kesempatan bicara Dendhy Ananda menjelaskan, berdirinya Sispamdu Zhadoel ini merupakan kepedulian keamanan di Kabupaten Karawang dan Indonesia. Organisasi ini bukan untuk menyaingi organisasi lain atau tandingan, melainkan sebuah organisasi yang akan mempererat kekeluargaan untuk mencapai tujuan bersama.
     
     
    Sistem kinerja Zhadoel menggunakan jalur komunikasi untuk membantu Polri dalam memberikan informasi jika di suatu daerah ada peristiwa. Sifatnya hanya memberikan informasi pada Polres Karawang dengan cepat. Sispamdu Zhadoel ini mulai aktif pada Januari 2009 lalu dan hingga September ini anggotanya sudah mencapai 203 orang lebih yang terdiri dari berbagai profesi, dari pegawai negeri hingga penjaga parkir. "Organisasi ini tidak hanya mengutamakan kuantitas tapi kualitas anggota," ucapnya.
     
     
    Zhadoel ini tujuannya untuk membina sistem pengamanan terpadu dari masyarakat untuk masyarakat dan kepedulian ini mencakup seluruh daerah di Kabupaten Karawang. Dalam hal ini Zhadoel bermitra dengan Polres Karawang dan kekeluargaan ini tidak hanya sebatas satu organisasi, karena di dalam keanggotaan Zhadoel terdapat beberapa unsur anggota Polri, TNI, Security dan pengusaha juga PMI Karawang yang selalu mendapingi dimanapun Zhadoel berada. Kinerja Zhadoel lebih mengedepankan sosial.
     
    Dia juga mengucapkan terima kasih pada Kapolres Karawang yang telah merestui kartu anggota Zhadoel, dia juga berharap anggota ini bisa membantu kepolisian dan pihak keamanan terkait. Ditegaskannya, Zhadoel harus mencerminkan sikap gotong royong dan siap membantu keamanan dan bencana alam yang terjadi di kabupaten ini. Organisasi ini, lanjutnya, senantiasa berjiwa patriot dan santun, silih asah, silih asih dan silih asuh. Keanggotaan Zhadoel terdapat di beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Cikampek, Pangkalan, Rengasdengklok dan Sedari. Dan Zhadoel ada di setiap kecamatan di Kabupaten Karawang.
     
    Diakuinya, jajaran Sispandu Zhadoel telah melakukan berbagai kegiatan sosial, diantaranya bantuan kesehatan dengan Yayasan Buddha Tsu Chi, menggelar Waisak di Candi Jiwa, Batujaya juga kegiatan sosial dan bantuan lainnya. Dan dalam waktu dekat Zhadoel akan membantu Polres Karawang untuk mengamankan jalur mudik sekaligus membuat posko mudik yaitu di Terminal Tanjungpura, lampu merah KPUD Karawang, depan Kantor Pemda Karawang, Cikampek dan beberapa titik rawan dan mecet lainnya. "Sispamdu anti kekerasan, organisasi ini harus menjadi contoh. Dengan perbuatan tancapkan tombak, lebarkan sayap dan mari kita ciptakan keamanan kota bersama," jelasnya.
     
    Sekertaris KPUD Karawang, Hadis Herdiana mengatakan, jajaran Sispamdu Karawang sudah eksis dan telah mendukung program pemerintah, diantaranya telah membantu Pemilu 2009. Dia berharap, kerjasama sispandu dengan KPU Karawang bisa terus ditingkatkan, terlebih pada Pilkada Karawang tahun 2010 nanti, yaitu menciptakan iklim yang kondusif dan aman. Hal senada dikatakan Ketua DPRD Karawang sementara, Karda Wiranata, 'jalur duduluran' ini harus mendapat dukungan dari semua pihak. "Jika ini untuk kebersamaan masyarakat Kabupaten Karawang, kita harus mendukungnya," ujarnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +