• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Rayakan Lebaran Dengan Paceklik

    Rabu, 09 September 2009
    PEDES, RAKA - Warga Pedes dan Tirtajaya akan melalui lebaran tahun ini dengan masa paceklik, mengingat lebaran tidak bertepatan dengan masa panen padi yang diperkirakan tiba Oktober 2009 mendatang jauh setelah hari raya. Tahun lalu, bulan Ramadhan bertepatan dengan masa penen, sehingga kebutuhan lebaran bisa dipenuhi. Terlebih mayoritas warga di kedua kecamatan itu adalah petani.
     
    Camat Pedes, Drs. Ade Sudiana mengatakan kepada RAKA, Selasa (8/9) siang, jika panen sebelum lebaran, masyarakat bisa saling antar makanan ke sanak keluarganya, tapi pada masa paceklik ini hal itu kemungkinan sulit dilakukan. Area sawah di Kecamatan Pedes sekitar 2800 hektar, tiap panen petaninya mampu memproduksi hingga 5 ton/hektar. Masa tanam sekarang, kata Ade, tidak ada tanda hama menyerang, dia berharap hasil panen nanti mampu mengangkat ekonomi masyarakatnya.
     
    Di tempat terpisah, Camat Tirtajaya Drs. Wawan Setiawan menjelaskan, ada alternatif yang kemungkinan dilakukan warga untuk lebaran di saat paceklik ini, pertama warga mengambil tabungannya dan kedua mencari pinjaman yang akan dibayar panen. Camat Wawan mengutip pernyataan Bupati Dadang S. Muchtar yang mengatakan, untuk mencukupi kebutuhan lebaran nanti jangan terlalu mengada-ada, karena situasi dan kondisi masih pailit. Lebaran nanti harus disambut dengan kemenangan dengan kebutuhan yang wajar.
     
    "Kita syukuri lebaran ini dengan aman dan lancar, kita harus bersyukur bisa melaksanakan lebaran dengan tenang dan aman. Sementara saudara kita di Jawa Barat kini sedang kena bencana alam, ini harus kita syukuri," kata Wawan menceritakan kejadian yang menelan kerugian nyawa dan harta benda di beberapa kabupaten Jawa Barat akibat gempa bumi beberapa hari lalu.
     
    Dijelaskannya, produksi padi pada Oktober 2009 diperkirakan tidak jauh dari 5-6 ton/hektar, sama seperti musim sebelumnya. Namun begitu pada lebaran besok, masyarakat tetap akan bisa mencukupi keperluan pokok mereka, mengingat selama puasa banyak warganya mengais rejeki sebagai pedagang musiman, semisal jualan es kelapa, kolak pisang dan makanan berbuka puasa. Padahal, di bulan lain, jualan seperti itu belum tentu selaris bulan puasa ini.
     
    Sekcam Tirtajaya, Rahlan menambahkan, pas lagi butuh untuk kebutuhan lebaran, pas kondisi ekonomi lagi paceklik. Jika padi sudah ditanam dan menghijau, petani sulit mencari pekerjaan lagi, karena sudah tidak ada lagi yang dikerjakan selain menunggu masa panen. "Mudah-mudahan produksi padi Oktober besok bisa bagus," ujarnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +