• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pendaftar Siswa Baru ke SMPN 1 Kutawaluya Membludak

    Jumat, 10 Juli 2009
    KARAWANG NEWS - Pendaftara siswa baru di sejumlah sekolah tahun 2009-2010 membludak, seperti di SMPN 1 Kutawaluya pada Kamis (9/7) kemarin. Ratusan orang tua siswa berdesakan untuk bisa mendaftarkan putra-putrinya di sekolah tersebut. Sedikitnya 720 siswa di daftarkan di sekolah ini.
     
    Banyaknya orang tua mendaftarkan anaknya ke SMP karena sudah tidak ada lagi biaya yang harus mereka keluarkan, kini sekolah sudah gratis. Seperti di katakan Ajas (45) warga Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, dia mengaku lega pemerintah sudah menggratiskan anaknya selama di SD (Sekolah Dasar), kini dia sengaja mendaftarkan anaknya itu ke SMP terdekat. "Selama gratis, saya akan terus menyekolahkan anak saya sampai dia pintar dan bisa berguna bagi orang tuanya dan bangsa ini," jelasnya.
     
    Sementara itu, tahun ini SMPN 1 Kutawaluya telah melulusakn 525 siswa dan tercatat yang melanjutkan ke SMAN sebanyak 193 siswa. Selain itu, yang masuk ke SMKN sebanyak 77 siswa dengan pendaftaran kolektif dari sekolah. Sisanya, banyak yang melanjutkan sekolah menengah atas di luar daerah Kabupaten Karawang. "Siswa yang melanjutkan sekolah hampir 90 persen siswa, sesuai data sekolah, sebanyak 270 siswa didaftarkan secara kolektif, selebihnya mendaftakan sendiri," kata Kepala SMPN 1 Kutawaluya, Drs. Yayat kepada RAKA, kemarian siang di ruang kerjanya.
     
    Seperti pepatah, 'pendidikan adalah jembatan pada kehidupan yang lebih layak'. Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi orang tua mendorong putra-putri mereka meneruskan jenjang pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Terlebih lulusan SMP kini dibebaskan beban DSP (Dana Sumbangan Pendidikan) masuk ke SMAN/SMKN. Dan ini menjadi peluang baik bagi para orang tua untuk mencerdaskan anak-anak mereka.
     
    Seperti diungkapkan orang tua siswa lainnya, Sadi (33) warga Desa Kutajaya, Kecamatan Kutawaluya, anak pertamanya yang baru lulus sekolah dia paksa untuk terus sekolah di SMPN yang dia pilih, selain jaraknya dekat juga tidak dibebankan biaya apapun. Menurutnya pemerintah sudah sangat bijak, apalagi Pemda Karawang telah menganggarkan dana pendidikan sebanyak 23 persen melebihi anggaran pemerintah pusat yang hanya 20 persen. "Ini suatu peningkatan yang baik, karena pendidikan sudah benar-benar jadi prioritas pembangunan selain pembangunan lainnya di kabupaten ini," ujarnya. (*)
     
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +