• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Penanganan Rob Harus Dianggarkan APBD dan APBN

    Jumat, 10 Juli 2009
    KARAWANG NEWS - Bencana banjir air laut pasang (rob) yang sering terjadi di pesisir pantai utara Karawang harus ditangani serius oleh pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pusat. Daerah yang selalu mendapat ancaman bencana rob adalah pantai di Kecamatan Pakisjaya hingga Cilamaya Wetan.
     
    Demikian kata anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Karawang, H. Tono Bahtiar, Kamis (9/7) siang. Dia juga menghimbau kepada seluruh warga pesisir pantai untuk terus melaporkan kondisi yang mereka alami ke Pemda Karawang. Kata dia, Pemda Karawang harus memiliki kepala dinas yang handal untuk mampu melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat.
     
     
    "Yang saya lihat selama ini kepala dinas sangat lamban menangani persoalan-persoalan di daerah, mereka hanya bisa menghabiskan dana, seharunya program-program yang mereka buat mampu menangani masalah, misalnya infrastruktur jalan, pengairan, saluran persawahan, saluran pembuang tambak ikan dan abrasi yang sewaktu-waktu bisa terjadi akibat faktor alam," jelasnya.
     
    Menurutnya, Dinas Bina Marga Kabupaten Karawang harus kerjasama dengan Dinas Bina Marga provinsi dan pusat untuk menghitung titik rawan rob. Selama ini, kata Tono, Kabupaten Karawang kecolongan untuk membangun hal itu, kecuali Bupati Karawang Drs. Dadang S. Muchtar bisa meyakinkan pada DPRD Karawang menggunakan data BTT (Bencana Tak terduga).
     
    Lebih lanjut Tono mengatakan, Dinas Bina Marga Karawang kurang melakukan langkah konkrit untuk menangani masalah bencana rob. Selama ini, persoalan itu selalu dibahas ketika itu semua terjadi, ketika infrastrukutr itu sudah rusak dan habis
    Kata dia, penanganan rob ini harus direalisasikan dengan membuat tim handal untuk bisa mengajukan pembangunan hingga ke provinsi dan pusat. Akibat kerusakan rob, ratusan hektar tambak hilang hanya dalam kurun setahun. "Obyek wisata pantai yang jadi tumpuan ekonomi pun sirna, saya bukan mewakili salah satu fraksi, di DPRD saya akan menggangdeng dan melakukan lobi untuk pembangunan pesisir pantai dari APBD I dan APBN," ucapnya. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +