• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Usia Hotmix Hanya Seumur Jagung

    Jumat, 05 Juni 2009
    CILEBAR, RAKA - Jalan penghubung Kecamatan Pedes dan Kecamatan Cilebar sepanjang 3 km rusak rusak parah. Padahal jalan ini baru diperbaiki dua tahun lalu. Kini, jalan rusak berlubang itu ditambal menggunakan batuan kapur. Dan hingga kemarin, belum terlihat tanda-tanda jalan itu akan diperbaiki Dinas Bina Marga Karawang.
     
    Seperti dijelaskan, Kaur Umum Desa Pusakajaya Utara, Maman kepada RAKA, Kamis (4/6) siang, banyak diantara warganya terperosok dan jatuh hingga tewas seketika. Maman menyebutkan salah satu tetangganya yang meninggal bernama Ratih (50), dia tewas akibat sepeda motornya terperosok ke dalam jalan yang berlubang. Selain dia, kata Maman, masih banyak warga lainnya yang senasib.
     
    Terlebih ketika hujan turun, jalan tersebut tertutup genangan air hujan dan terlihat rata, padahal di balik genangan air itu terdapat lubang-lubang menganga yang bisa mencelakai pengendara. "Yang lebih bahaya malam hari, meski tidak hujan, lobang tersebut tidak terlihat jelas sehingga pengendara banyak terjebak, apalagi jika tertutup air," ungkapnya.
    Semua ini akibat kesalahan kontruksi awal, lanjut Maman, pada saat pengerjaan ini tidak melihat jenis kendaraan berat apa yang sekiranya akan melintasi jalan tersebut. Apalagi jalan ini merupakan lintasan pertanian yang sering dilalui truk-truk bertonase besar. Setidaknya, satu truk padi itu muatannya lebih dari 10 ton, hal ini penyebab jalan amblas dan rusak berat.
     
    Harusnya, perencanaan proyek bisa menghitung ketebalan hotmix yang sesuai dengan kondisi lalu lintas jalan tersebut. Sehingga jalan itu bisa bertahan lebih lama. Selain itu, kerusakan jalan ini pun bisa juga disebabkan pemborong yang nakal dan menginginkan keuntungan besar dari dana lebih proyek yang sedang dikerjakannya, tanpa mereka peduli dengan kwalitas pekerjaan yang mereka lakukan.
     
    Parahnya lagi, pengawas lapangan dari Bina Marga seolah menutup mata, sehingga proyek yang dikerjakan tidak seuai dan menyalahi aturan, hingga akhirnya jalan tersebut tidak bertahan lama. "Saya sangat menyayangkan jika anggaran perbaikan jalan itu dihambur-hamburkan hanya untuk proyek-proyek gagal
    tersebut," ujarnya. (sigit)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru