• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Siswa SMP/MTs Mulai Daftar Sekolah Lanjutan

    Jumat, 12 Juni 2009

    KUTAWALUYA, RAKA - Meski hasil kelulusan diumumkan 20 Juni 2009, sejumlah siswa SMP/MTs sudah banyak mendaftar ke sekolah lanjutan. Sejak dibuka PSB (Penerimaan Siswa Baru) 1 Mei 2009 lalu, SMK Ristek telah menerima sedikitnya 149 calon siswa dan SMK Perbankan Indonesia sekitar 64 calon siswa dari 32 SMP/MTs se-wilayah utara Karawang.
     
    Kepada RAKA, Kamis (11/6) siang, Kepala SMK Ristek Drs. Darsono Sumedi didampingi Waksek Kesiswaan, Mohammad Amin SH dan Wakasek Kurikulum, Jajang Haeroni menjelaskan, program pemerintah mengenai 60 persen lulusan SMP/MTs harus masuk SMK ternyata berjalan. Namun begitu, tak sedikit siswa SMP/MTs yang menginginkan daftar ke sekolah negeri. Sehingga banyak diantaranya menunggu nilai Ujian Nasional (UN) untuk memastikan apakah nilai yang diperolehnya masuk sekolah negeri atau swasta.
     
    SMK Ristek telah menyediakan sedikitnya 15 kelas untuk siswa baru atau sekitar 660-an siswa, yaitu untuk jurusan Audio Video, Otomatitf dan Mesin Perkakas. Sedangkan SMK Perbankan Indonesia membuka 10 kelas untuk jurusan Akuntansi dan Adimintrasi Perkantoran. Dan hingga berita ini diturunkan, kedua SMK itu masih membuka PSB hingga 20 Juli 2009. Dan tanggal penutupan itu akan diperpanjang sesuai kebutuhan siswa baru yang akan mendaftar. "Tapi memang jadwal terakhir 20 Juli, waktunya beda sekitar 4 hari setelah PSB sekolah negeri di tutup," kata Darsono.
     
    Diakuinya, sesuai perogram pemerintah yang mencanangkan siswa SMP/MTs masuk ke SMK sebanyak 60 persen dibanding SMA yang hanya 40 persen, tentunya hal itu dijadikan keinginan kuat pihak SMK untuk menerima lulusan SMP/MTs sebanyak-banyaknya, tapi itu pun dibatasi jumlah kemampuan kelas yang ada. Diajelaskannya, persaingan industri saat ini begitu ketat dan pihaknya terus melakukan pembenahan dari semua bidang pendidikan supaya mengeluarkan lulusan SMK yang berkualitas untuk dunia industri.
     
    Sementara itu, pasca PSB siswa kelas 1 akan menghadapi MOS (Masa Orientasi Siswa) dan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah) untuk menggembleng fisik dan mental mereka setelah diterima di SMK, karena di SMK ini siswa baru diberitahu tentang peraturan di SMK yang serupa seperti dunia industri, tentunya hal itu beda dengan disiplin sekolah saat mereka di SMP. "Disini akan dikenalkan aturan SMK untuk mengacu kedisplinan di perusahaan nanti," kata Jajang. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru