• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Berkah dari Candi Jiwa

    Selasa, 02 Juni 2009
     
    "Penemuan Candi Jiwa Batujaya kini sudah banyak membawa manfaat bagi masyarakat Batujaya dari segi ekonomi dan pengetahuan sejarah nasional. Candi ini memiliki nilai sejarah penting secara nasional dan internasional, mengingat usi candi ini lebih tua dibanding Candi Borobuddur," kata Bonang (70), penjaga Candi Jiwa dan Candi Balandongan di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Senin (1/6) siang.
     
    Diakuinya, setiap hari dia mengawasi kedua candi tersebut, sedangkan warga setempat menyebut dirinya adalah Sang Kuncen. Penghasilan yang dia peroleh sering didapatkannya dari pengunjung yang sengaja ingin melihat candi ini. "Meski besarnya tidak seberapa, tapi saya sudah merasa senang bisa menjaga candi-candi ini," ujarnya.
     
    Diceritakannya, semula tanah seluas tiga hektar yang kini berdiri candi adalah tanah yang disebut-sebut masyarakat setempat lemah duhur, karena kondisi tanah yang menggunung di tengah hamparan sawah. Namun, setelah para ahli purbakala dan mahasiswa yang meneliti dan menggali di lokasi tanah yang menggunung tersebut, secara otomatis kondisi desa jadi berubah, karena menjadi perhatian nasional dan internasional.
     
    Candi ini baru diketahui setelah lemah duhur digali, setelah diketahui gundukan tanah itu adalah bangunan candi, baru masyarakat mengetahui bahwa tempat pengangonan domba itu adalah sebuah candi peninggalan jaman purbakala.

    Sejak ditemukannya candi tersebut, masyarakat mulai bisa merasakan manfaat keberadaan candi-candi purbakala ini, diantaranya bisa menambah pendapatan masyarakat. Seperti perayaan Waisak kemarin, datangnya pengunjung otomatis menambah pemasukan bagi warga setempat yang membuka usaha. Dan masyarakat petani di desa ini, bisa menjadi pedagang dadakan ketika ada acara sakral di pelataran candi. (cr1)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +