• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kecamatan Tirtajaya Siaga Banjir

    Kamis, 29 Januari 2009
    TIRTAJAYA, RAKA - Surutnya banjir akibat luapan Sungai Citarum yang merendam beberapa desa di Kecamatan Tirtajaya bukan berarti akhir banjir tahun ini. Malah, saat ini warga Tirtajaya telah mengantisipasi banjir tahunan dari curah hujan. Sejak Selasa (27/1) lalu, jalan raya di Desa Tambaksari dan Tambaksumur sudah digenangi banjir hujan, tapi air belum masuk ke rumah-rumah warga setempat.
     
    Camat Tirtajaya, Drs. H. Wawan Setiawan menjelaskan kepada RAKA, Rabu (28/1) siang, curah hujan yang turun beberapa hari ini masih menggenangi jalan raya dan persawahan di dua desa tersebut dengan ketinggian air sekitar 20 cm. Sedangkan, warga Dusun Tanjung Kerta, Desa Medan Karya telah mengantisipasi banjir dengan memperbaiki gorong-gorong saluran air, supaya laju air tidak tersumbat.
     
    Kendati begitu, jika melihat curah hujan besar, aku Wawan, dikhawatirkan banjir besar merendam pemukiman seperti musim hujan Februari 2008 lalu. Banjir tahun 2008 lalu sempat merendam sebagian besar pemukiman di Desa Tambaksari, Desa Tambaksumur, Desa Srikamulan dan sebagian pemukiman di Desa Srijaya juga Desa Kuta Makmur, ketinggian banjir tahun 2008 lalu itu setinggi lutut orang dewasa, sekitar 30-40 cm. "Menurut saya, jika ketinggian air belum masuk rumah, saya anggap tidak fatal, tapi ketika sudah merendam pemukiman sedikitnya dua hari, baru dikatakan fatal, karena mengganggu aktivitas keseharian warga setempat," ujarnya.
     
    Kata Wawan, jebolnya tanggul Sungai Citarum pada 15 Januari 2009 kemarin tidak mampu ditahan, karena airnya sangat besar, sehingga merendam persawahan dan beberapa desa di kecamatannya. Pada banjir tersebut, pemukiman di Desa Srijaya, Kuta Makmur, Srikamulyan, Gempol Karya dan Desa Pisang Sambo. Dan banjir belum dikatakan berlalu, mengingat curah hujan saat ini besar dan selalu turun tiap hari. (spn)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +