PAUD Al Firdaus dan Pertamina EP Subang Gelar Festival Sampah

KARAWANG, KarawangNews.com - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Firdaus di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon yang didukung Pertamina EP Asset 3 Subang Field melaksanakan Festival Sampah di Muktijaya, Kamis (4/6/2019) pagi.

Sebanyak 350 peserta terdiri dari anak-anak PAUD Al Firdaus bersama pelajar SD, SMP, SMA dan masyarakat setempat melakukan parade berbusana berbahan barang bekas, seperti jas, celana, topi berbahan kertas dan plastik bekas.

Pengelola PAUD Al Firdaus, Heru Saleh menjelaskan, Festival Sampah ini memiliki pesan pemanfaatan limbah yang dikreasikan menjadi nilai ekonomis, yaitu Reuse, Reduce dan Recycle (3R).

Kata dia, festival ini sejarah baru bagi Karawang dan momen bagi pemerintah daerah untuk bisa melaksanakan kegiatan serupa, acara seperti ini layak dimasukan ke dalam agenda festival Karawang di Hari Ulang Tahun Kabupaten Karawang.

Diakuinya, kegiatan ini untuk memupuk kesadaran anak didik sejak dini, tentang kesadaran lingkungan, serta pembentukan karakter masyarakat cinta terhadap lingkungan. 

"Pada festival ini, masyarakat juga berikrar untuk cinta lingkungan, selain tidak buang sampah sembarangan, masyarakat memanfaatkan sampah jadi nilai ekonomis," jelasnya.

Di tempat sama, CDO PT. Pertamina EP Asset 3 Subang Field, Ikrimatul Maknun menjelaskan, PAUD Al Firdaus binaan perusahaannya ini telah menjadi lembaga pendidikan pemberdaya masyarakat setempat, sesuai harapan PT. Pertamina.

"Ini sesuai dengan rencana kerja kita, Pertamina bersahabat dengan masyarakat dan festival ini sejalan dengan (tujuan, red) perusahan untuk memberdayakan masyarakat," terangnya.

Diakuinya, acara ini memperkenalkan sampah yang punya nilai tambah, ini bisa mengubah pola pikir masyarakat, sampah bukan lagi masalah lingkungan, tetapi bisa menjadi penunjang ekonomi. Melalui program Pertamina di PAUD Al Firdaus ini, telah mendorong masyakat sadar lingkungan bersih melalui pemanfaatan sampah menjadi bahan kerajinan tangan.

Hal senada dikatakan Camat Cilamaya Kulon, Basuki Rachmat yang didampingi Kepala Desa Muktijaya, Sawa Isyirot saat menghadiri festival ini di PAUD Al Firdaus. Basuki berharap, Festival Sampah ini menjadi untuk desa-desa lainnya di wilayah Kabupaten Karawang.

"Saya ingin mengembangkan semua desa seperti ini, khususnya di Kecamatan Cilamaya Kulon," paparnya. (spn)

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()