SMK Karya Utama Ciptakan Patung Robot Polisi

KARAWANG, KarawangNews.com - Siswa SMK Karya Utama Karawang membuat patung robot dari bahan bekas spare part sepeda motor, robot ini dikerjakan hampir dua bulan, rencananya robot besi seberat 1 ton ini akan diserahkan ke Polres Karawang sebagai hadiah HUT Bhayangkara Polri ke-73.

Kepala SMK Karya Utama Karawang, Sudarto menjelaskan, robot ini akan menjadi maha karya bagi sekolahnya yang masih memiliki satu jurusan yaitu Jurusan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri.

Patung robot ini berbentuk polisi yang sedang menggendong anak, filosofinya yaitu polisi yang selalu siap mengayomi dan melindungi masyarakat. Patung ini terinspirasi dari kisah nyata anggota polisi yang sedang menggendong seorang anak sekolah menyeberangi banjir di daerah Kalimantan beberapa waktu lalu.

Diakuinya, selama proses pembuatan patung robot ini, pihaknya terkendala bahan spare part bekas, namun Kapolres Karawang AKBP Nuredy yang mengetahui hal itu langsung membantunya, dengan memberikan spare part yang dibutuhkan.

Kata Sudarto, sebanyak 107 siswa-siswi di sekolahnya ini adalah dari keluarga tidak mampu, sekolah yang dia dirikan tahun 1997 ini merupakan sekolah khusus bagi keluarga yang tak mampu dan siswa bermasalah. Untuk itu, pihak sekolah tak henti-henti memberi kesibukan dan keterampilan untuk bekal masa depan siswanya.

Pada Senin (26/6/2019) siang, Kapolres Karawang AKBP Nuredy yang berkunjung ke sekolah itu menyatakan, rencananya patung karya siswa-siswi SMK ini akan ditempatkan di Mako Polres Karawang, namun jika memungkinkan patung robot ini akan ditempatkan di tengah kota sebagai ikon Polres Karawang.

"Kita apresiasi terhadap maha karya siswa-siswi sekolah ini, kita akan selalu mendorong dan memotivasi mereka menuju hal positif bagi daerahnya dan bangsa, ini adalah karya yang luar biasa bagi kepolisian," jelasnya.

Patung setinggi 175 cm dengan kembar 80 cm ini dibentuk dari material bekas yang dipatri menjadi satu, berbahan lempengan logam yang dibentuk, juga rantai motor yang dipatri melingkari patung termasuk benda material berupa mesin utuh disatukan sehingga menyerupai patung. (spn)

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()