Calon Sekda Tulis Makalah Strategi Tentang Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Senin (11/3/2018) delapan pejabat peserta calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang mengikuti tahapan penulisan makalah di aula Hotel Mercure, mereka diwajibkan membuat makalah tentang pembangunan Karawang secara spontan.

"Ini proses lanjutan setelah sebelumnya calon Sekda mengikuti tes kesehatan dan dinyatakan lulus semua," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, Aang Rahmatullah, di sela kegiatan tersebut.

Sementara itu, peserta calon Sekda, Kepala Dinas Pertanian Karawang, Hanafi kepada wartawan menyatakan, selama hampir empat jam dia membuat makalah dengan judul Bank Data dan Karawang Hari Ini. Makalah tersebut memaparkan mengenai pentingnya Pemkab Karawang memiliki pusat data dari semua dinas dan instansi se-kabupaten.

"Jadi bisa dievaluasi setiap saat kinerja dinas dan untuk mengetahui Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan serapan anggarannya," kata dia.

Di tempat sama, juga peserta calon Sekda, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang, Dedi Ahdiyat menyebutkan, dia menulis makalah tentang Peran Sekda di Era Otonomi Daerah. Kata dia, pada prinsipnya ada tiga hal peran Sekda, pertama membantu kepala daerah dalam menentukan kebijakan, kedua sebagai koordinator kegiatan SKPD dan ketiga layanan administrasi juga pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Tupoksi ini bisa dijalankan apabila memiliki ASN yang handal kreatif dan profesional untuk menjabarkan visi misi bupati dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," kata dia.

Pada test ini, calon Sekda menulis makalah yang harus berisi tentang konsep pembangunan Karawang secara menyeluruh, menuangkan gagasannya yang akan dilakukan seandainya terpilih menjadi Sekda Karawang.

Gagasannya yaitu berupa pemikiran stategis dengan perubahan yang signifikan untuk memperbaharui kondisi dan situasi saat ini dengan memperhatikan anggaran dan waktu masa jabatan. Sekda yang terpilih harus memberikan 'output' dan yang terpenting harus membawa dampak perubahan pada pembangunan Kabupaten Karawang. (spn)

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()