Indriyani: Pemkab Harus Lebih Peka Perhatikan Petani

KARAWANG, KarawangNews.com - Ketua Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Kabupaten Karawang Indriyani, ST terus bergerak dalam rangka meningkatkan taraf hidup petani di Karawang yang salah satunya membantu petani Karawang untuk dapat mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) tanpa agunan.

"Kita sangat prihatin dengan kondisi petani Karawang belakangan ini, disamping dengan terus berkurangnya kondisi lahan pertanian Karawang, murahnya harga jual gabah dan susahnya memperoleh pupuk bersubsidi menjadi issue yang harus segera dicarikan solusi penyelesaiannya," kata Indriyani, Rabu (9/11/2016).

HKTI Karawang melalui HKTI Pusat bekerjasama dengan Bank Artha Graha sedang melakukan proses verifikasi data terhadap para petani yang mengajukan KUR, dengan bunga yang sangat rendah dan tanpa agunan kita berharap petani terbantukan sehingga mereka bisa memiliki modal untuk menjalankan proses penanaman padi, hal ini juga akan meminimalisir dan menghilangkan prkatek renternir di kalangan petani.

Terkait dengan kerjasama yang dilakukan kenapa dengan Bank Swasta indri malah balik mempertanyakan peran dan keterpihakan pemkab terhadap para petani, kita sangat menyesalkan harusnya yang bergerak dan melakukan inisiatif program ini harusnya mereka, apalagi ada bank kas daerah yang bisa diajak untuk melakukan akselerasi program KUR untuk para petani.

Bank Jabar yang notabene sebagian sahamnya adalah milik pemkab dan juga ada alokasi dana deposito yang begitu besar milik pemkab disana, harus bisa menjadi bank yang terdepan untuk bisa memfasilitasi petani secara masif.

"Mudah-mudahan pemkab malu dan segera melakukan terobosan untuk melakukan pemberian bantuan permodalan terhadap para petani di Karawang," kata Indriyani.

Sampai dengan hari kemarin HKTI Karawang sudah menerima sebanyak 500 berkas pengajuan KUR dari para petani dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini proses realisasi kredit segera bisa dilakukan, karena proses verifikasi sudah 80 persen selesai.

"Saya berharap semua stake holder yang ada di Karawang sama- sama berpikir dan bergerak untuk dapat membantu para petani," jelasnya. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -