• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Langlangbuana Gelar Sosialisasi Hukum di Desa Segaran

    Minggu, 28 April 2024
    Kegiatan sosialisasi hukum mahasiswa Universitas Langlangbuana Bandung di Desa Segaran.


    KarawangNews.com - Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Langlangbuana Bandung gelar sosialisasi hukum terkait kekerasan dalam rumah tangga dan perlindungan anak  bertempat di Aula Gedung Candi Jiwa Desa Segaran Kecamatan Batujaya Karawang, Jawa Barat.


    Hadir dalam kegiatan tersebut dari berbagai unsur di antaranya dari Pemerintah Kabupaten Karawang, diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, kepolisian Polres Karawang diwakili anggota Reskrim Polsek Batujaya, Aiptu Asep Dani, dan dari unsur akademisi, Guru Besar juga menjabat Kepala Program Studi Pasca Sarjana Universitas Langlangbuana Bandung, Prof. Dr. Hj. Hernawati, RAS, M.Si.



    "Kegiatan sosialisasi ini dalam rangka program pengabdian masyarakat mahasiswa pasca sarjana universitas tahun ajaran 2023/2024," terang Ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat, Wawan Wartawan, pada KarawangNews.com, Minggu (28/4/2024).


    Lanjut, Wawan mengatakan, kegiatan ini didasari pada tingginya angka kekerasaan dalam rumah tangga dan kekerasan terhadap anak di wilayah hukum Polres Karawang, kita coba melakukan kegiatan preventif berupa sosialisasi agar masyarakat memahami dan mengetahui bagaimana proses pelaporan, penyelesaian terkait masalah KDRT dan kekerasan terhadap anak yang ada di wilayahnya. 


    "Ada mekanisme yang bisa mereka tempuh dengan melibatkan stakeholder terkait mulai dari tingkat Desa," paparnya.


    Diterangkannya, mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Langlangbuana Bandung tersebut melakukan sosialisasi mengangkat tema yang bertajuk. 'Sistem peradilan pidana dalam penegakan UU. No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (PKDRT) dan UU. 23 Tahun 2022 tentang Perlindungan Anak.'


    "Saya berharap ke depan kegiatan seperti akan terus berlangsung, sehingga akan menekan angka KDRT dan Kekerasan terhadap anak." ungkap Wawan Wartawan.


    Diketahui dalam kegiatan tersebut, diikuti

    Seratus orang masyarakat Desa Segaran secara antusias mendengarkan paparan dari beberapa narasumber terkait dengan materi yang disampaikan, dengan sigap mereka bertanya terkait permasalahan rumah tangga yang dihadapi.


    Di tempat yang sama Sekretaris Desa Segaran, Wahyu, mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, dipilihnya Desa Segaran menjadi hal yang patut disyukuri, karena kita dapat materi perkuliahan secara gratis yang tidak mudah didapat.


    "Mudah-mudahan program ini terus berlangsung dikemudian hari," harapnya. (*)


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru