• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinas PUPR Karawang Siagakan Pasukan Biru Sebagai Tim Cepat Tanggap

    Selasa, 20 Februari 2024
    Pasukan Biru Dinas PUPR Karawang.

    KarawangNews.com, - Ada yang berbeda baru-baru ini Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang (DPUPR), dalam beberapa kesempatan di cuaca hujan dan jalan tergenang, beberapa orang sibuk berjibaku menyorok dan mengangkat sampah dititik-titik genangan. Mereka menamai dengan sebutan Pasukan Biru.  Apa itu Pasukan Biru?


    Memahami Pasukan Biru adalah sebutan dari kelompok pekerja Waker yang melayani kegiatan Umum dan Prasarana Umum dengan Tanggap dan Cepat terkait dengan kegiatan Sumber Daya Air, khususnya pelaporan yang berhubungan dengan saluran atau drainase yang bermasalah pada waktu kondisi hujan, mereka tersebar khusunya di wilayah Kota dan beberapa wilayah di Kabupaten Karawang.


    Pasukan Biru adalah petugas khusus yang melaksanakan tugas cepat, emergency dalam menanaggapi laporan yang masuk ke bidang sumber daya air, bertugas secara cepat dengan prioritas. 

    Petugas ini diambil dari beberapa Waker dengan hak sama seperti pekerja-pekerja pada umumnya. Gaji Pasukan Biru sama dengan Waker SDA, setara Upah Minimum Regional (UMR) Karawang yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemerintah Kabupaten Karawang.


    Namun dalam tugasnya mereka mendapat upah tambahan karena bekerja diluaar waktu perjanjian kerja, atau bahasa umumnya mendapati uang lembur.


    Pasukan Biru ini dibentuk atas dasar kebijakan Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kabupaten Karawang,  Dr. Aries Purwanto, ST, M.Si, M.Sc yang menginginkan optimalisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diluar jam kerja khususnya ketika kondisi hujan turun di wilayah Kota Karawang, dengan harapan dapat dengan segera mengatasi genangan-genangan yang terjadi di beberapa titik ruas jalan kota.


    Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Karawang,  Dr. Aries Purwanto, ST, M.Si, M.Sc mengungkap dalam keterangan tertulisnya,  Pasukan Biru adalah sebuah tim yang berjumlah 5 - 10 di setiap Wilayah UPTD yang berada di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Karawang, beliau juga mengungkapkan harapan Pasukan Biru adalah sebuah Tim yang perlu segera dilakukan dan tidak dapat ditunda karena dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya permasalahan yang sering kali didapati ketika cuaca dengan intensitas hujan yang relative tinggi sehingga persoalan yang terjadi tersebut dapat segera teratasi dan dalam rangka mempercepat berfungsinya mengatasi lokasi prasarana dan sarana asset publik maupun aset daerah yang berhubungan dengan bidang SDA rusak, kotor dan atau mengganggu sesuai dengan peruntukannya," ujar Aries, Selasa (20/2/2024)


    Lanjut Aries menuturkan, ada beberapa tugas Pasukan Biru yang pokok sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya. Ketiga tugas pokok Pasukan Biru adalah diatur dengan prosedur operasional kerja khusus, menyangkut aktivitas harian yang wajib dilakukan. Ini penjelasan beberapa tugas pokok Pasukan Biru yang dimaksudkan yaitu :


    1. Tugas Pasukan Biru adalah menangani permasalahan prasarana dan saranan saluran jalan. Adanya tugas Pasukan Biru adalah menangani permasalahan prasarana dan saranan saluran jalan dilakukan dengan memperlancar saluran jalan yang tersumbat akibat sampah, perbaikan saluran trotoar, dan pengangkatan sampah di dalam saluran jalan tersebut.


    2. Tugas Pasukan Biru adalah Menangani prasarana dan saranan saluran, adanya tugas Pasukan Biru adalah menangani prasarana dan saranan saluran dilakukan dengan memperbaiki saluran air.


    Misalnya memperbaiki saluran rusak di jalan lingkungan atau lokal, terutama yang berhubungan dengan saluran pembuang kemudian mengurus saluran, tali-tali, dan mulut-mulut air yang mampet di lingkungan lokal, serta melaporkan segera pembangunan atau aktivitas yang berpotensi mengganggu saluran air ke saluran pembuang.


    3. Tugas Pasukan Biru adalah menangani prasarana dan saranan saluran taman. Adanya tugas Pasukan Biru adalah menangani prasarana dan sarana saluran taman dilakukan dengan menangani pohon tumbang, memangkas ranting yang menutupi rambu lalu lintas, membabat rumput dan memastikan saluran taman terbebas dari sampah yang mengganggu di saluran taman tersebut.


    Kemudian membabat semak yang sudah mengganggu di dalam saluran, mengambil pot-pot rusak, dan melaporkan penebangan pohon pelindung ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) melalui UPTD Wilayah yang tersebar di Kabupaten Karawang," ujar Aries.


    Ia menyampaikan, apabila sudah memahami tugas Pasukan Biru, kemudian mari kita sama-sama ketahui hak  Pasukan Biru. Masih melansir dari sumber yang sama, yaitu Gaji yang diterima sebagai Waker SDA Dinas PUPR Kabupaten Karawang yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemerintah Kabupaten Karawang yang dibayarkan setiap bulan melalui rekening Bank BJB. Selanjutnya ada harapan kenaikan upah bagi Waker SDA dan juga adanya budget / anggaran tersendiri bagi Pasukan Biru yang selama ini mengandalkan dana non budgeter yang dirasa kurang. Bidang SDA berharap  Pasukan Biru maupun Waker SDA bisa mendapat Jaminan Kesehatan Nasional dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.


    "Kemudian bisa mendapatkan hak hak lainnya seperti pasti mendapatkan tunjangan hari raya,dan lain sebagainya sehingga dalam pelaksaan tugasnya dapat lebih ditingkatkan lagi. Selain itu dari segi peralatan pasukan biru masih mengandalkan alat sederhana yang biasa digunakan dalam pelaksaan tugas Gorol sebagai Waker SDA. Kedepan perlengkapan alat kerja sangat dibutuhkan," ucapnya.


    Lebih jauh Aries menambahkan, adapun beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh pasukan biru dalam kegiatan Tanggap Cepat (Emergency) diantaranya adalah :

    Pembersihan dan mengangkatan sampah di Sipon 6, pengangkatan sampah disaluran underpass gonggo, pembuatan tutup saluran yang hancur, pembersihan gorong-gorong jalan pantura dan mengatasi banjir atau genangan yang selama ini menggenangi jalan masuk SMAN 1 Jatisari, dan Kegiatan emergency lainnya," terang Aries. (**)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru