• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Cegah Potensi Pelanggaran, Panwascam Kutawaluya Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

    Rabu, 22 November 2023


    KarawangNews.com - Partisipasi masyarakat dalam Pemilu maupun proses demokrasi nasional maupun lokal dapat berdampak baik pada kualitas demokrasi dalam menghasilkan calon-calon pemimpin yang ada di eksekutif maupun legislatif.

    Untuk mewujudkan peran serta masyarakat dan membuat jejaring dalam melakukan pengawasan, Panwaslu Kecamatan Kutawaluya menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif. Acara ini rampung dilaksanakan di SD Kutakarya II pada Selasa sore (21/11/2023) kemarin.

    Ditemui seusai acara, Ketua Panwascam Kutawaluya Haerudin, mengatakan tujuan kegiatan ini juga untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.


    "Kegiatan ini bagian upaya kami melakukan pencegahan terkait potensi pelanggaran pemilu yang terjadi di Kecamatan Kutawaluya, untuk mencegah terjadinya praktik-praktik pelanggaran menjelang memasuki tahapan kampanye khususnya politik uang," kata Haerudin.





    Lebih lanjut, Haerudin menekankan terkait pengawasan partisipatif merupakan manifestasi kedaulatan rakyat dan penguatan partisipasi politik masyarakat. Dirinya menyinggung perihal realita dilapangan memasuki tahapan kampanye. Dimana mulai beredar berbagai berita hoax, black campaign serta berbagai ujaran kebencian.

    "Hal-hal apa saja yang harus ditempuh dalam mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran-pelanggaran yang ada. Harapan kami kedepan bisa terjalin kemitraan dan sinergitas yang kuat, dalam membentuk jaring pengawasan partisipatif dengan berbagai unsur," tandas Haer. [Yoza]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +