• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemantau Pemilu PDPSP Soroti Kegiatan Reses Dewan dari Partai Gerindra Terindikasi Diboncengi Kampanye

    Senin, 16 Oktober 2023

    Ketua PDPSP Sopyan (kanan) bersama anggota Pemantau Didin (kiri).


    KarawangNews.com,- Pemantau Demokrasi Pelita Sayap Putih (PDPSP) soroti kegiatan sosialisasi Anggota Komisi IX DPR RI drg. Putih Sari bersama BKKBN Jawa Barat, yang diduga diboncengi kampanye dalam kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Ihsanudin dari Fraksi Partai Gerindra.


    Terlebih, disinyalir adanya arahan di dalam suatu kegiatan Reses tersebut. Diduga dimanfaatkan untuk mengkonsolidasikan salah seorang Calon anggota legislatif (Caleg)  Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Karawang dari Partai Gerindra. Juga terindikasi dimanfaatkan sebagai ajang kampanye dengan menyebutkan nomor urut dan lainnya.


    Diketahui, dalam sesi wawancara dengan awak media, BKKBN Provinsi Jawa Barat mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi yang digelar bersama drg.Putih Sari itu dibiayai oleh negara, yaitu berasal dari anggaran pusat (APBN). 


    Begitu juga anggaran kegiatan Reses anggota dewan diketahui dibiayai dari Negara, baik APBN untuk RESES anggota DPR RI , APBD I RESES anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, APBD II RESES untuk anggota DPRD Kabupaten/Kota.


    Melihat hal itu, Ketua PDPSP, Sofyan menyoroti adanya keganjilan dalam kegiatan sosialisasi yang pembiayaannya berasal dari APBN tersebut. Hal itu terlihat dari surat undangan kegiatan yang ditujukan kepada masyarakat Kecamatan Karawang Barat.


    "Pemantau melihat ada  hal yang aneh dalam kegiatan tersebut, dimana surat undangan, dalam satu undangan tersebut ada dua kegiatan yang sumber anggarannya berbeda," kata Sofyan, Senin (16/10/2023).


    Kemudian, lanjutnya, dalam kegiatan reses yang dilakukan setelah kegiatan sosialisasi BKKBN itu, terindikasi menyimpang dari fungsi kegiatan Reses seorang anggota dewan. Dimana kegiatan Reses itu disinyalir lebih cenderung isinya bukan kepada pokok dan fungsi Reses, akan tetapi lebih kepada konsolidasi tim dan sosialisasi pemenangan calon dewan.


    Hal tersebut, kata Sofyan, dapat dilihat dari berbagai alat bukti yang Pemantau dapatkan di lokasi, baik berupa foto, video kegiatan, sampai video pernyataan anggota Panwas Kecamatan.


    "Itu semua udah kita sampaikan secara langsung kepada Ketua Bawaslu Karawang, sementara via WA sesuai dengan permintaan ketua Bawaslu, dan sampai saat ini kita belum menerima informasi hasil kajian dan putusan Bawaslu Karawang atas laporan Pemantau," ungkap Sofyan.


    "Langkah selanjutnya dipastikan kita akan mendatangi Bawaslu, untuk mendapatkan penjelasan atas laporan Pemantau. Adapun mengenai hal terindikasi pelanggaran atau tidak kegiatan tersebut, sementara ini kita serahkan ke Bawaslu

    Kita akan lihat hasil putusan kajian Bawaslu atas kegiatan tersebut," tukasnya. (**)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru