• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kwartir Cikampek Gelar Perkemahan Besar Peringati Hari Pramuka ke-62

    Jumat, 08 September 2023


    Foto: Camat Usep Supriatna, AP,.M.Si., bertindak sebagai Mabiran Kecamatan Cikampek pimpin pembukaan Perkemahan Besar Kwartir Cikampek di peringatan hari Pramuka ke-62.

    KarawangNews.com - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka yang ke-62 Kwartir Cikampek,  mengadakan Perkemahan Besar di Bumi Perkemahan (Buper) di area fasos-fasum Perumahan Pondok Cikampek Desa Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.


    Dalam kegiatan tersebut turut hadir Waka Bina muda Kabupaten Karawang Muslih, Mabiran  kecamatan Cikampek (Camat) Usep Supriatna, Ketua Kwarran Cikampek Imas Rosilawati, beserta Korwilcambidik, K3S, Mabigus, Para Andalan Kwarcab se Kecamatan Cikampek, juga 20 orang pelatih dan dewan juri, 100 orang panitia dan seluruh peserta dan aparatur Desa Cikampek Barat yang selalu siaga.


    Pelaksanaan perkemahan besar itu juga diikuti antusias oleh ribuan anak didik sebanyak 1997 peserta dari 40 sekolah berbagai tingkatan dimulai Sd, Smp, Sma, Smk, negeri dan swasta.


    " Kegiatan ini masih merupakan dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka  ke-62, yang biasa di laksanakan pada tanggal 14 Agustus. Berhubung banyak kegiatan di Korwil pada waktu itu, atas kesepakatan bersama acara perkemahan besar diundur pada bulan September dan hari ini dimulai  tanggal 7 sampai tanggal 9," ujar Ketua Kwarran Cikampek Hj.Imas Rosilawati,S.Pd,.MM,.MG., kepada awak media, Kamis (7/9/2023).


    Dijelaskan Imas Rosilawati, pada kegiatan perkemahan besar tersebut diadakan berbagai lomba Pesta Siaga di antaranya, lomba melukis, lomba pidato, pildacil, lomba hulahup, yel-yel dan lain-lainya, bagi anak yang juara akan diberikan piala  dan hadiah," tutur Imas.


    Menurutnya, dalam kegiatan sekarang itu bukan hanya di akademis saja, justru di Pramuka itu kegiatan yang hampir sama di sekolah-sekolah. Bedanya dilaksanakannya di alam terbuka untuk menambah anak sosialisasi, meningkatkan kreativitas belajar mandiri, belajar dia berani untuk tampil," terang Imas Rosilawati.


    Sementara itu, pada kesempatan yang sama Mabiran Kecamatan Cikampek selaku pemimpin pembina upacara pembukaan acara perkemahan besar oleh Camat Cikampek Usep Supriatna, dalam sambutannya menyampaikan,



    " Kegiatan ekstrakurikuler terus ditingkatkan lagi, karena Pramuka ini merupakan kegiatan yang sangat positif, guna pencegahan dampak globalisasi terhadap anak yang selalu ketergantungan terhadap gadget dengan kegiatan sekarang kita bisa bersilaturahmi bertatap wajah seperti  ini," ucapnya.


    Selain itu Mabiran Kecamatan Cikampek itu juga, menekankan, dalam kegiatan sekarang, jaga kesehatan, dan berharap dengan kegiatan Pramuka bisa menjaga dari pengaruh hal-hal negatif dan bisa merealisasikan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.


    Usep Supriatna mengungkapkan, di Kecamatan Cikampek belum memiliki ruang terbuka untuk Bumi Perkemahan (Buper), banyak perumahan di perkotaan lahan sudah mulai sempit, kegiatan Pramuka sekarang masih menggunakan fasos-fasumnya perumahan.


    " Ke depan, kita akan usulkan kepada pemangku-pemangku kebijakan untuk Kecamatan Cikampek, bisa memiliki tempat bumi perkemahan sendiri untuk kegiatan Pramuka yang seperti sekarang ini digelar," tandasnya. (sky)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru