• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pupuk Kujang Bantu UMKM Minuman Jeruk Nipis Hingga Raih SNI

    Jumat, 14 April 2023


    KarawangNews.com – PT Pupuk Kujang terus mendampingi pelaku UMKM di Jawa Barat hingga mampu meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan kualitas produk. Salah satu UMKM yang sedang meningkat adalah pelaku industri rumahan jeruk nipis peras. 


    Pupuk Kujang mendampingi pelaku UMKM tersebut hingga mendapat sertifikat SNI dari Badan Stanardisasi Nasional. (BSN). Pelaku usaha tersebut adalah Nunung Nurhayati, pemilik merek dagang Jernip Kencana.


    “Pupuk Kujang membantu kami banyak hal. Selain modal, kami juga dibantu hingga bisa mendapat sertifikat SNI,” ujar Dadan Hamdani, putra dari Nunung Nurhayati saat pameran UMKM di Brebes beberapa waktu lalu. 


    Peningkatan kualitas produk melalui sertifikasi SNI juga berdampak pada usaha Jeruk Nipis Kencana. Setelah didampingi Pupuk Kujang, UMKM yang berasal dari Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan itu bisa meningkatkan kapasitas produksi hingga memacu penambahan omzet. 


    “Pupuk Kujang membantu modal usaha kami, sehingga kami bisa membeli peralatan penunjang produksi, yang pada akhirnya bisa meningkatkan produksi kami,” ungkap Dadan. 


    “Bahkan setelah dibina Pupuk Kujang, produksi kami naik seratus persen. Dari awalnya sanggup memproduksi satu ton minuman jeruk nipis, setelah dibina Pupuk Kujang kami mampu membuat 2 ton minuman jeruk nipis setiap bulan,” Dadan menambahkan. 


    Peningkatan produksi tersebut tentu diiringi dengan berbagai strategi dan langkah pemasaran. 


    Dikatakan Dadan, sejak didampingi Pupuk Kujang, pihaknya terus mendapat banyak pelatihan, diantaranya adalah pelatihan marketing, pengembangan produk, hingga difasilitasi mengikuti berbagai kegiatan pameran. 


    “Karena seringnya diikutkan pameran, lambat laun produk kita semakin dikenal di luar daerah dan menambah pelanggan baru. Dan omzet kita rata-rata naik di kisaran 50 persenan setiap bulan,” kata Dadan. 


    Saat ini, ujar Dadan produk minuman jeruk nipis buatan keluarganya sudah cukup dikenal luas. Pelanggannya datang dari berbagai daerah. 


    Tak hanya dari Jawa Barat, pembeli dari daerah lain seperti Kalimantan hingga Bali juga memesan minuman sehat buatan Kuningan tersebut. 


    “Target kedepan, harapannya kita bisa memperluas pasar. Sebelum ini kan kita baru ke wilayah Jabodetabek, Insya Allah kedepannya kita mau ke Jawa Tengah, karena selanjutnya kita ada 4 event juga dari Pupuk Kujang di area Semarang,” ungkap Dadan. 


    Dadan menyatakan, sedang terus mengembangkan jaringan pemasaran seperti agen dan reseller. Terutama dijaringan toko oleh-oleh di berbagai daerah. “Pupuk Kujang benar-benar telah membantu kami,” pungkas Dadan. (hl/KP)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +