• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pelopor Petani Asparagus Desa Karangsinom, Markos Kosasih : Asparagus Komoditi Unggulan Bisa Menguntungkan

    Sabtu, 08 Oktober 2022



    KARAWANGNEWS - Markos Kosasih (45) semangat bertani dan menjadi salahsatu pelopor petani Asparagus, tanaman ini termasuk jenis hortikultura, bisa ditanam dilahan terbatas, area yang sudah digarap saat ini seluas 500 meter, berlokasi dikampung Kebonkalapa, Desa Karangsinom, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang.


    Awal mula bertani Asparagus ini, diarahkan oleh Saepul  (TNI) Babhinsa Desa, kemudian dipertemukan dengan Mr Cheng Pengusaha Asparagus Taiwan yang punya garapan  di Pangkalan Loji, setelah mendapat bimbingan cara menanam lalu diberi kuranglebih 1500 bibit Asparagus, saat itulah mulai mengolah penggeburan tanah dan menanam Asparagus, ujar Kosasih, Sabtu (8/10/2022).


    "Alhamdulillah, sayuran Asparagus sekarang sudah usia satu bulan setengah, untuk panen sekitar usia tanam tiga bulan, sampai usia  tanaman 5 tahun berikutnya, untuk pembeli sudah ada dan penjualan harga sangat bagus,"jelas Kosasih.



    Diketahui Asparagus memiliki bentuk menyerupai batang bambu dan berukuran kecil. Sayuran berwarna hijau dan putih ini dapat dikonsumsi langsung maupun diolah dengan cara ditumis, direbus, atau dipanggang. Asparagus juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran sup dan salad.


    Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, zinc, selenium, dan folat.


    Khasiat Asparagus diantaranya menurut penelitian yang diketahui untuk mencegah penyakit kronis, melancarkan saluran cerna, menjaga kesehetan janin, mencegah pertumbuhan sel kanker, menjaga tekanan darah tetap stabil, mengontrol gula darah, menjaga berat badan.


    Asparagus yang memiliki nama ilmiah Asparagus officinalis, dengan kandungan nutrisi asparagus sangat beragam dan tentunya memberi manfaat pada kesehatan. Dalam 100 gram asparagus mentah, terdapat beragam nutrisi, yaitu:


    Protein: 2,2 gram.Lemak: 0,1 gram.Natrium: 2 mg.Karbohidrat: 3,9 gram.Serat: 2,1 gramKalsium: 24 mg.Zat besi: 2,14 mg.

    Kalium: 202 mg.Folat: 52 mcg.Kolin: 16 mg.Vitamin K: 416 mcg.Kalium: 202 mg.

    Niasin (vitamin B3): 0,978 mcg,


    Menjadi petani tanaman Asparagus harap Kosasih, jadi salahsatu komoditas unggulan dan bisa dibudidaya dimasyarakat.


    "Semoga saja, dengan menanam sayuran Asparagus ini bisa dikembangkan dimasyarakat dijadikan komoditas yang berdaya saing, bahkan bisa ekspor untuk ekonomi yang lebih menguntungkan serta meningkatkan kesejahteraan keluarga," pungkas Kosasih, (sky).




    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru