• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Perusahaan Borong Parcel Produk Lokal, Wakil Bupati: Yang Penting Pelaku UMKM Bisa Tersenyum

    Selasa, 04 Mei 2021


    KARAWANG, KarawangNews.com
    - Pemkab Karawang membuktikan kesungguhannya membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), ribuan paket hampers dan parcel produk UMKM lokal Karawang berhasil dijual ke perusahaan industri sebagai bingkisan lebaran Idul Fitri untuk karyawan.


    Pada Selasa (4/5/2021) siang, Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh, Kepala Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM, Drs. Ade Sudiana bersama perwakilan perusahaan industri melaksanakan simbolis kerjasama dengan perusahaan, dalam rangka perusahaan industri membeli produk UMKM lokal Karawang.


    Dijelaskan Ketua Forum Wirausaha Karawang (Forwika), Asep Mulyana, hingga Selasa ini, sudah 17 perusahaan yang memesan hampers dan parsel sebagai bingkisan lebaran untuk karyawannya, isi parcel seluruhnya adalah produk-produk makanan dan minuman UMKM Karawang.


    "Ini pertama kali UMKM memproduksi parcel dijual ke perusahaan-perusahaan, menjelang lebaran ini pelaku UMKM mendapat keuntungan lebih, biasanya di lebaran tahun lalu hanya bisa membuat parcel 10 hingga 20, sekarang mencapai ratusan," jelasnya, sumringah.


    Sementara itu, H. Aep Syaepuloh apresiasi kepada Dinas Koperasi dan UKM yang sudah berupaya membantu penjualan produk UMKM. Dia menekankan, agar pelaku UMKM menjaga kualitas, takaran dan cita rasa produk makanan mereka, agar tetap diminati konsumen, terlebih produk UMKM Karawang kini sudah masuk minimarket dan mall.


    "Selain infrastruktur, kita akan konsen mengembangkan UMKM, ini juga menjadi tiang utama ekonomi kita. Pemerintah kabupaten mendukung penuh UMKM," kata wakil bupati.


    Diakuinya, pola Dinas Koperasi dan UKM membantu penjualan produk UMKM ke perusahaan industri adalah gagasan yang brilian, sangat membantu pelaku UMKM untuk terus tumbuh. 


    "Kalau dijajakan di jalan untungnya tidak seberapa, berbeda jika dibantu pemasarannya," ujarnya.


    Kata H. Aep Syaepuloh, paparan yang selalu dia sampaikan ke masyarakat saat kampanye lalu bersama Bupati dr. Cellica Nurrachadiana, saat ini terealisasi. Diakuinya, membantu usaha masyarakat adalah bentuk sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.


    "Jangan khawatir, kita (Pemkab Karawang, red) terus berlari, yang penting seluruh pelaku UMKM bisa tersenyum," ucapnya.


    Kepala Dinas Koperasi dan UKM menyampaikan, sejumlah perusahaan meminta produk UMKM dalam bentuk parcel ini sudah berjalan selama bulan puasa ini, sehingga pelaku UMKM di Karawang saat ini mengalami perkembangan signifikan.


    Tak hanya memasarkan di Kabupaten Karawang, Dinas Koperasi Karawang juga selalu memperkenalkan dan memasarkan produk UMKM hingga ke tingkat Provinsi Jawa Barat, melalui bazzar dan online. Bahkan, pelaku UMKM difasilitasi dan dilatih agar mampu menciptakan produksi yang tak kalah kualitas dengan produk pabrikan.


    "Kita memfasilitasi pelatihan, modal dan pemasarannya. Alhamdulillah selama Ramadhan ini, berkat dukungan pemerintah daerah, UMKM kita berlari cepat," kata Ade Sudiana, di hadapan wakil bupati. [spn]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru