-->
  • Jelajahi

    Copyright © KarawangNews
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Rayakan HAN, Anak Tetap Gembira di Rumah

    Kamis, 23 Juli 2020
    KARAWANG, KarawangNews.com - Peringatan Hari Anak Nasinal (HAN) Tahun 2020 sangat berbeda dibanding tahun  sebelumnya, saat ini puncak peringatan HAN di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota dilaksanakan virtual,  melibatkan seluruh anak-anak Indonesia termasuk anak yang memerlukan perlindungan khusus.

    Perbedaan HAN tahun ini disebabkan pandemi Covid-19 yang dirasakan dampaknya seluruh masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Saat ini, anak-anak dihadapkan perubahan pola hidup yang tidak biasa, tetapi mereka berupaya dipenuhi hak-haknya untuk bergembira, sehat, kuat, penuh kreativitas, tetap ceria dan semangat menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam naungan perlindungan keluarga.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Peerempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten (DP3A) Karawang, Dr. H. Abdul Aziz, M.Si mengatakan, dengan memperhatikan situai dan kondisi yang belum memungkinkan, maka HAN tahun 2020 tidak dilaksanakan seperti biasanya, tetapi dilaksanakan secara terpusat di tingkat provinsi melalui virtual meeting, diikuti oleh seluruh kabupaten/kota.

    "Juga melibatkan forum anak daerah masing-masing dan disiarkan secara live Instagram DP3AKB dan Forum Anak Daerah Jawa Barat," jelasnya.

    Dia berharap, momentum peringatan hari anak ini dapat meningkat kepedulian seluruh pemangku kepentingan pemerintah, orangtua, masyarakat, dunia usaha, media masa tentang pentingnya pemenuhan hak dan perlindungan anak.

    Kata dia, sesuai dengan tema anak-anak  untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga HAN menjadi moment membentuk insan-insan yang sehat, cerdas, ceria dan berkhlak mulia.

    Dalam rangka mendorong peran anak sebagai pelopr dan pelapor dalam pencegahan kekerasan anak di Kabupaten Karawang, maka DP4A telah mempasilitasi Forum Anak Kabupaten Karawang untuk koordinasi dengan unit PPA polres Karawang, BNNK karawang dan OPD teknis lainnya untuk melakukan pengkajian dan pemetaan permasalahan kejerasan terhadap anak di kabupaten karawang.

    Menurut Azis, forum anak dilibatkan dalam sosislisasi sekolah ramah anak saat kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) seperti di SMAN 3 Karawang.

    Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karawang, Hj. Lasminingrum, SH, usai rapat dengan pengurus dan relawan mengajak kepada semua pihak melalui peringatan HAN ini untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak, stop kekerasan, perlakuan buruk, eksploitasi pada anak.

    Pihaknya bersama pengurus dan relawan P2TP2A Kabupaten Karawang serta satgas yang tersebar di kecamatan, tanpa lelah terus mengedukasi masyarakat untuk tidak takut melapor apabila ada kekerasan terhadap  anak-anak.

    " Semua anak adalah anak kita, melindungi mereka menjadi tanggungjawab kita bersama, wujudkan anak terlindungi Indonesia maju," jelasnya.

    Dia menjelaskan, selama pandemi covid-19 P2TP2A Karawang tetap melakukan  pelayanan kepada masyarakat, khususnya  pengaduan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Untuk melayani masyarakat memerlukan pelayanan dalam situasi pandemi Covid-19.

    "Kami melakukan jadwal piket pengurus dan relawan serta meningkatkan koordinasi dengan unit PPA Polres Karawang,"  jelasnya. [rls/spn]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Berita Terbaru

    Opini

    +