• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Umat Buddha Peringati Waisak 2552 BE di Candi Jiwa

    Senin, 07 Juni 2010
    BeritaKarawang.com - Untuk ketiga kalinya, umat Buddha merayakan peringatan Waisak 2552 BE (Buddha Era) tahun 2010 di Candi Jiwa, Desa Seragaran, Kecamatan Batujaya, Minggu (6/6/2010) siang. Acara ini disambung dengan pencanangan Tahun Wisata Karawang 2010 oleh Bupati Karawang Drs. Dadang S. Muchtar.
     
     
    Pujabakti Waisak di Candi Jiwa ini dimuali dengan penyalaan lilin lima warna dan dupa, dilanjutkan dengan meditasi yang dipimpin Bhikku Sangha dan disambung pencanangan Tahun Wisata Karawang 2010 oleh Bupati Karawang.
     
     
    Umat Buddha mulai berdatangan ke kompleks Candi Jiwa sejak Minggu pagi. Mereka berdatangan dari daerah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, hadir di acara ini Dirjen Bimas Buddha Budi Setiawan, Bupati Karawang Dadang S. Muchtar, Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Barat dan Sangha Theravada Indonesia.
     
    Seperti tahun sebelumnya, masyarakat di sekitar kompleks percandian dan sekitarnya pun hadir dan menyaksikan acara tersebut. Dan dalam sambutan tertulisnya, Ketua Panitia Pujabakti Waisak Jawa Barat, Ranjandhiren mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama banyak pihak, antara lain masyarakat sekitar candi, pemerintah daerah, serta umat Buddha di Jawa Barat.
     
    Sementara itu, dalam pidatonya bupati menyatakan, daerah Karawang memiliki cagar budaya dan sejarah yang tidak ada dibanding daerah lainnya. Ditegaskan bupati, candi di Batujaya ini merupakan aset daerah yang bernilai besar bagi Karawang. (*)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +