• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Memecah Gunung Es Endemi HIV-AIDS

    Rabu, 21 April 2010
     
    BeritaKarawang.com - Kasus HIV-AIDS di Kabupaten Karawang ini menjadi bagian dari fenomena gunung es yang hanya terlihat di atas puncaknya saja tanpa diketahui pada sisi yang lain. Pada periode Desember 2009 tercatat 196 kasus yang terjadi di Kabupaten Karawang.
     
     
    Untuk itu Yayasan Kita-kita Karawang menyatakan, hal ini sudah seharusnya dapat melahirkan upaya bersama dari semua komponen warga masyarakat dan semua pihak di Kabupaten Karawang untuk segera meresponnya, mengingat situasi ini adalah situasi endemik yang tingkat penyebarluasannya seperti pepatah 'diam-diam menghanyutkan'.
     
     
    Pada periode kuartal I, yaitu Januari - April 2010 pada minggu kedua, terlah tercatat sebanyak 23 kasus yang terjadi di Kabupaten Karawang, diantaranya 20 orang fase HIV positif, 3 pada fase AIDS, perempuan 10 orang, laku-laki 10 orang dan balita 3 orang. Ini berarti ada laju peningkatan sebesar 10,5 persen dari penambahan angka kasus sejak Desember 2009 yang tercatat 196 orang.
     
     
    Dengan demikian, jika diakumulasikan dari tahun 2006 hingga sekarang, tercatat 219 kasus yang terjadi di Karawang. Pada perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini, kasus HIV-AIDS pun telah memasuki ranah general population (populasi umum) yang sebelumnya memiliki kerentanan pada ranah kelompok resti atau resiko tinggi seperti pengguna narkoba suntik, wanita penjaja seks dan pria pelanggan.
     
     
    Namun, akhir-akhir ini keganasan serangan virus HIV-AIDS seperti tidak mengenal siapa dan berlatar belakang apa. Pada fase general population ini telah pula tercatat beberapa ibu rumah tangga yang berdampak akibat serangan virus HIV-AIDS dan hal ini akan membawa dampak kondisi pada anak dari orang yang bersangkutan.
     
     
    Tentunya, kondisi ini sudah selayaknya mendapat perhatian khusus dari pihak terkait yang berwenang untuk segera mendorong adanya upaya nyata yang secara massif dan komprehensif segera dilakukan pencegahan dan penanggulangannya lewat serangkaian berbagai kebijakan dan pendekatan memadai, agar dapat mengurangi tingkat penyebarluasan virus tersebut. (**)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +