• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Cuaca Buruk, Produksi Nelayan Menukik Tajam

    Jumat, 12 Maret 2010
     
    BeritaKarawang.com - Akibat cuaca buruk selama bulan Januari, Februari hingga Maret 2010 ini, tangkapan ikan nelayan di Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes. Akibatnya pendapatan mereka pun mengalami menukik tajam.


    Puluhan perahu nelayan di desa ini tidak beroperasi. Para nelayan yang biasanya melaut kini hanya menghabiskan waktunya di rumah dan di atas perahu mereka untuk memperbaiki jala atau memeriksa bagian perahu mereka yang rusak.


    Pendapatan nelayan dalam cuaca buruk saat ini turun drastis. Biasanya setiap perahu mempu mendapatkan ikan hingga puluhan kwintal bahkan berton-ton, tapi kini untuk 1 kwintal saja sulit. Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk melaut mencapai Rp 150-200 ribu, baya itu tak sebanding penghasilan yang hanya mendapat puluhan ribu rupiah saja.


    Banyaknya nelayan yanng tidak melaut berdampak pada pelelangan ikan kian sepi, akibatnya aktivitas pelelangan ikan berkurang karena nelayan tidak mendapatkan hasil yang maksimal usai mereka melaut. Tidak banyak ikan yang diperoleh nelayan, sehingga para penjual ikan di tempat pelelangan ikan ini kekurangan stok, bahkan ada yang membeli ikan dari Muara Angke, Jakarta untuk dijual kembali. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +