• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    10 Warga Tunggak Jati Tertular Kusta

    Selasa, 26 Januari 2010

    Penderita kusta di Tunggak Jati, Karawang Barat.


    BeritaKarawang.com -
    Sebanyak 10 orang warga Kecamatan Karawang Barat dinyatakan puskesmas setempat positif mengidap penyakit kusta. Umumnya, mereka tertular penderita kusta yang telah lama terjangkit. Tak urung hal ini membuat sebagian warga lainnya khawatir penyakit itu menular.


    Seperti dijelaskan warga Kampung Kaceot II , Bambang, Selasa (26/1/2010) siang. Kata dia, warga berharap ada penangan serius dari Dinas Kesehatan kepada penderita kusta. Keberadaan penyakit ini, lanjutnya, baru terungkap setelah banyak pengidap sakit kusta melakukan pengobatan rutin ke rumah sakit di Tangerang, Banten.


    Menanggapi hal ini, Kepala UPTD Puskemas Tunggak Jati, Dr. Misbah menyatakan, 10 penderita kusta itu tersebar di kampung Kaceot. Kata dia, sebagian besar masyarakat ini menderita kusta jenis kering. Penyakit ini terjangkit akibat sanitasi serta pemanfaatan air berkualitas rendah.


    10 orang penderita kusta ini diantaranya, Ron (40), Ujang Rustama (70), Odo (60), Ust Nesen (45), Ncung (30), Acih (42), Herman (50), Tirta (45), Bencoy (35) dan Mahdi (60). Ketika ditanya, Ron dan Ujang Rustama warga Kampung Kaceot II, RT 01/12 ini terjangkit kusta sejak setahun silam.


    Dijelaskan Ron, penyakit kusta itu seperti penyakit kulit jenis panu atau kurap, tapi seiring waktu, penyakit yang tumbuh di ujung jari tangannya semakin melebar dan menggurita hingga ke bagian kaki serta tubuh lainnya. Akibat penyakit itu, tubuhnya sering mengigil dan lemas jika sedang kambuh. (**)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +