• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pelayanan KTP Online 2010

    Rabu, 16 Desember 2009
    Ace Sopian Mustari

    BeritaKarawang.com - Mayoritas warga masih menganggap pelayanan KTP (Kartu Tanda Penduduk) di Kabupaten Karawang lambat dan beban biayanya cukup besar hingga Rp 50 ribu. Untuk itu, perlu dibuatkan jaringan online antara kantor kecamatan dan Disdukcatpil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) agar proses pembuatan KTP dipermudah dan cepat.

    Demikian kata anggota Komisi A Faksi PDI Perjuangan Kabupaten Karawang, Ace Sopian Mustari, siang. Selama ini, proses pembuatan KTP hanya dilakukan di Disdukcatpil, jika sudah menggunakan sistem online, kantor kecamatan dan Disdukcatpil akan saling mengakses nomor registrasi, kemudian KTP dan identitas lainnya bisa dibuatkan langsung di kantor kecamatan, tanpa menunggu proses berhari-hari.

    Selama ini proses pembuatan KTP registrasinya di kantor kecamatan yang kemudian dikirim ke Badukcatpil dan dikembalikan lagi ke kantor kecamatan. Kata Ace, SIAK memang sudah berjalan, tapi masih offline belum online.

    Selain itu, keuntungan sistem online ini memungkinkan antar intansi dan dinas bisa melakukan komunikasi dengan biaya murah, tentunya pelayanan masyarakat akan lebih mudah dilakukan.

    "Kalau sistem online ini diterapkan, pembuatan KTP bisa dilaksanakan sehari, selain itu jaringan ini bisa dimanfaatkan oleh semua dinas untuk berbagai kepentingan. Nantinya, kasi kependudukan di kecamatan akan diambil menjadi perwakilan Disdukcatpil," ujarnya.

    Diakuinya, langkah awal untuk membuat jaringan tersebut, pihaknya sudah melakukan pemaparan melalui konsultan, penekanan program ini terutama dari Komisi A DPRD Karawang.

    Di tahun 2010 nanti, kata Ace, akan ada percontohan untuk sistem ini. Dan untuk mendukung program ini, dibutuhkan dana anggaran Rp 4 miliar dari APBD Karawang.

    "Kalau tidak tersedia di APBD murni, kita harapkan eksekutif memasukannya di APBD perubahan," jelasnya. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +