• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Antisipasi Banjir, Warga Mengarug Tanggul Citarum

    Sabtu, 28 November 2009

     
    BeritaKarawang.com - Untuk mengantisipasi banjir, warga Dusun Teluk Bunder, Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok memperbaiki tanggul Sungai Citarum dengan ratusan karung, Minggu (28/11/2009) pukul 11.11 WIB.
     
    Perbaikan ini atas inisiatif masyarakat dan desa setempat. Mereka bahu membahu meninggikan tanggul Sungai Citarum. "Kalau Citarum banjir, airnya limpas dan membanjiri pemukiman," celetuk salah satu warga.
     
    Sedikitnya puluhan warga meninggikan tanah tanggul yang dianggap rendah, karena tidak akan efektif jika mengarug tanggul saat banjir tiba. Selain itu, pengarugan yang dilakukan jauh hari sebelum banjir ini supaya tanah tanggul bisa keras. Beda jika pengarugan dilakukan saat banjir, akan sulit menambal tanggul yang digenangi air.
     
    Hingga sekarang, yang sudah ditangani 200 meter tanggul dan yang sekarang dikerjakan 200 meter dengan menambah ketiggian 1 meter. Pekerjaan ini hanya dengan cangkul.
     
     
    "Jangan sampai ada kejadian, kita baru melakukan penanganan. Jadi pengarugan ini untuk antisipasi banjir mendadak, karena setiap tahun banjir terjadi," kata Kadus Teluk Bunder, Asep di lokasi tanggul. (*)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +