• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Produksi Panen di Jayakerta 8 Ton/Ha

    Sabtu, 31 Oktober 2009

    Panen padi di Kecamatan Jayakerta.
     
    BeritaKarawang.com - Keberhasilan panen padi di Kecamatan Jayakerta musim ini didukung air yang melimpah selama masa tanam. Saat ini sedikitnya satu hektar sawah mampu memproduksi 7 ton, bahkan ada yang mencapai 8 ton.
     
    Beda dengan musim tanam lalu yang mendapat 6,5 ton/hektar akibat hama dan hujan. Sekarang, hujan jarang turun tetapi debit air sangat cukup. "Justru yang kena hama padi yang sekarang sedang tanam," kata Sekertaris HKTI (Himpunan Kelompok Tani Indonesia) Kecamatan Jayakerta, H. Ma'mun HS. SE, juga sebagai Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Desa Ciptamarga, Sabtu (31/10/2009) pukul 15.54 WIB.
     
    Pada musim panen sekarang, banyak petani yang bisa melunasi hutang mereka, ini hasil dari produksi padi yang sangat bagus. Sementara, harga jual pun cukup bagus, sekitar Rp 2.800/kg untuk harga jual di tingkat petani.
     
    Meski di beberapa kecamatan lain sawah sedang diserang hama, para petani Jayakerta tetap akan melanjutkan menanam padi usai panen ini, mengingat debit air ke persawahan sedang banyak. H. Ma'mun berharap, jika desa menerima bantuan dari Pemda Karawang, agar mengalokasikan dana itu pada perbaikan 'lening' (perbaikan permenen saluran air) persawahan. "Kalau bisa, semua dana ADD (Anggaran Dana Desa) digunakan untuk 'lening' untuk mendudukung pertanian," kata dia. (*)
     
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +