• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pramuka Didik Anak Lebih Mandiri

    Sabtu, 08 Agustus 2009

    RENGASDENGKLOK, RAKA - Tanpa harus selalu dimanja orang tua, para siswa yang mengikuti pramuka didik untuk mandiri. Terlebih sekarang ada lomba tingkat ranting yang bertujuan agar kualitas anak pramuka lebih baik dari sebelumnya, sebab dalam lomba tersebut berbagai macam keterampilan, ketangkasan yang berkenaan dengan kepramukaan ditampilkan.


    Demikian kata Kepala UPTD TK,SD Rengasdengklok, Drs. Muhrodi Suruzi usai pembukaan Perkemahan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Rengasdengklok, Jumat (7/8) yang dibuka pukul 15.30 WIB. Tema kegiatan pramuka ini 'Bersua lapang dada, berpisah tiada cela, satyaku darmakan darmaku kubaktikan'. Pramuka di dusun ini terbilang pertama kali, setelah sebelumnya pramuka serupa tahun lalu dilaksanakan di Dusun Bojongkarya I. "Lokasi disini lebih nyaman bagi anak-anak, karena dekat dengan pemukiman," ujarnya


    Kata Muhrodi, perkemahan memiliki tujuan agar anak memahami kehidupan riil betapa sulitnya mereka ketika harus memenuhi kebutuhan sendiri, seperti mencari air sendiri, tidur beralaskan rumput, sehingga anak-anak pramuka memiliki jiwa semangat juang yang tinggi, minimal semangat untuk dirinya sendiri yang berguna untuk keluarga dan masyarakat sekitar


    Hal senada dikatakan Camat Rengasdengklok, Drs. R. Supandi, setiap tahun ada peningkatan dalam regenerasi pramuka, karena pramuka selalu dikembangkan oleh penggalang pramuka hingga pada anak didik sekarang. Dikatakannya, Kecamatan Rengasdengklok belum memiliki Buper (Bumi Perkemahan). "Justru kita belum punya buper, tapi akan kita upayakan supaya Rengasdengklok punya buper yang representatif," jelasnya.


    Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Pramuka, juga Kepsek SDN Rengasdengklok Selatan III, Adung Suherman S.Pd, menerangkan, perkemahan ini menggunakan anggaran dari kas kwaran dan bantuan dari BPD (Bank Pembangunan Daerah) Jawa Barat Banten Cabang Bekasi, juga CV. Arya Duta termasuk CV. Sarana Panca Karya. Jumlah penggalang SD putra dan putri sebanyak 576 orang, siswa SMP putra dan putri sebanyak 100 orang, Penegak dan Pandega putra sebanyak 50 orang sedangkan putrinya sebanyak 60 orang. Jumlah Mabigus dan Pembina sebanyak 96 orang. Total yang ikut pramuka sebanyak 1.548 orang. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +