• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Irigasi Bocor, 60 Rumah 'Becek'

    Rabu, 01 Juli 2009

    KARAWANG NEWS - Tingginya volume air saluran induk Rengasdengklok membuat tanggul-tanggul disisi kanannya bocor sekitar 150 meter. Kebocoran itu mengakibatkan 60 rumah di Dusun Pacing Utara, Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok 'becek', terlebih dilingkungan ini semuanya tanah.


    Dijelaskan, akibat peristiwa itu warga yang bermukim disekitar lokasi dibuat sibuk dan kesulitan beraktivitas, banyak diantara warga yang menenteng sandal jepit karena mereka harus menginjak lumpur tanah akibat genangan air tersebut. Seperti diungkapkan Eram (60) warga RT 08/03 yang rumahnya digenangi air bocor dari saluran induk itu, jika musim tanam tiba dan saluran induk melimpah air untuk persawahan, tak aneh jika rumahnya dan tetangganya becek dan berlumpur, itu akibat tanah pemukiman ini lebih rendah dibanding saluran air. "Tanggul salurannya rusak, sehingga air tidak bisa membendung malah bocor, akhirnya rumah kami kebanjiran dan becek-becek," ucapnya ketika ditemui KARAWANG NEWS, Selasa (30/6) siang.


    Kades Dewisari, M. Aning Arifin membenarkan keluhan warganya itu, memang tanggul saluran air di dusun tersebut dibuat permanen dengan semen, tapi ternyata tanggul itu tidak layak, karena air sungai tetap masuk pada celah-celah tanggul dan membanjiri pemukiman. Sedangkan tanggul di dusun lain tinggi oleh tanah, sehingga tidak bocor. "Saya telah mengirim surat kepada dinas pengairan dan UPTD Bina Marga Pengairan Rengasdengklok dengan harapan tanggul segera diperbaiki," ucapnya.


    Beberapa warga mengungkapkan, kampungnya harus menerima genangan air banjir hampir setiap musim. Jelas jika musim hujan semua jalan dan lingkungan Dusun Pacing Utara becek-becek, tapi sangat diprihatinkan jika musim kemarau yang seharunya kering, lingkungan mereka tetap saja harus menerima air luapan dari saluran induk yang membanjir pemukiman mereka. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru